Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

3 Cara Pintar Agar Cicilan KPRmu Cepat Lunas, Urbaners!

3 Cara Pintar Agar Cicilan KPRmu Cepat Lunas, Urbaners!

Urbanloka.com – KPR (kredit pemilikan rumah) kini menjadi solusi terbaik dalam kepemilikan hunian pertamamu. Namun tak di pungkiri, membayar cicilannya lumayan melelahkan karena berlangsung dalam waktu yang lama, bisa berlangsung selama 20 tahun Urbaners. Nah, ayo lunasi KPR Anda lebih cepat dengan tiga kiat ini urbaners:

PINDAHKAN KE BANK SYARIAH

Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take over atau pindah tangan KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Perhitungan ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini dengan mengambil contoh marjin 6,9%.

Pengajuan Kredit : Rp200.000.000 (marjin 6,9%, selama 10 tahun)
Keuntungan Bank : 6,9% x 10 x Rp200.000.000 = Rp138.000.000
Total KPR : Rp200.000.000 + Rp138.000.000 = Rp338.000.000
Angsuran Bulanan : total KPR / 120 bulan = Rp2.816.667

Kesimpulannya, melalui jalan berpindah tangan ke bank syariah Anda memperoleh angsuran yang lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR Anda. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

Sumber Foto: Uang Teman

KURANGI SISA POKOK KPR ANDA

Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Misalnya, bila pendapatan Anda Rp. 9 juta per bulan—dimana sekitar Rp. 3 juta digunakan untuk mencicil KPR—Anda memiliki sekitar Rp. 6 juta untuk biaya hidup. Ke depan, kurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp. 4 juta saja. Dengan demikian, Anda memiliki Rp. 2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.

Jika mau lebih cepat lagi, komibinasikan kedua cara di atas untuk Angsuran yang lebih ringan, Masa kredit lebih cepat, Beban bunga yang lebih kecil Urbaners. Demikian tips, Semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment