Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Rumah/Apartmen

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Rumah/Apartmen

3d-style-house_23-2147525803

Urbanloka.com – Perhatikan lima hal ini sebelum Menyewa Rumah atau Apartmen Urbanloka, apa sajakah itu? Check it out!

DP & UANG SEWA

Pertimbangan pertama yang perlu Anda pikirkan adalah kemampuan untuk membayar sewa. Biasanya sebelum menempati rumah Anda akan dimintai DP atau uang muka sementara, yang dapat dilunasi sesudahnya. Tentu hal ini perlu menjadi komitmen jangka panjang bila Anda berencana menyewa dalam waktu yang panjang.

LOKASI
Lokasi juga sangat penting untuk dipertimbangkan, karena harus dapat diakses dari segala tempat seperti dari tempat kerja, kantor, rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain-lain. Hal ini ditujukan agar Anda mudah dalam melakukan segala aktivitas.

KENYAMANAN

Meskipun menyewa dan bukan membeli, penting untuk dipertimbangkan adalah faktor kenyamanan. Dalam hal ini tanyakan fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan tentu akan semakin baik. Hanya saja harga sewa biasanya juga sebanding dengan lengkap tidaknya fasilitas yang disediakan.

PERIKSA KERUSAKAN

Sebelum memutuskan untuk menyewa rumah, periksa dahulu setiap sudut dan ruang pada rumah yang akan disewa. Pastikan tidak ada kerusakan yang berarti. Bila Anda menemukan adanya kerusakan laporkan kepada pemilik supaya segera dilakukan perbaikan. Langkah tanggap ini pun penting agar Anda tidak diduga sebagai penyebab kerusakan tersebut.

PERJANJIAN TERTULIS

Perjanjian sewa dibutuhkan agar masing-masing pihak baik penyewa dan pemilik mengetahui benar hak dan kewajibannya. Idealnya, perjanjian sewa berisi rincian seperti jumlah uang sewa yang harus dibayar, jangka waktu sewa, dan rincian lainnya bila dibutuhkan.

Bersikap waspada dan cermat diperlukan guna mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, Urbanloka. Semoga informasi ini bermanfaat. Baca Juga: Luas Tanah vs Lokasi Strategis Mana yang Lebih Penting

Sumber: *dari berbagai sumber

Submit a Comment