Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

5 Hal Penting yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Merenovasi Rumah

5 Hal Penting yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Merenovasi Rumah

Urbanloka.com – Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum merenovasi rumah, misalnya apakah Anda memang sebaiknya melanjutkan renovasi dan mewujudkan rumah impian Anda atau menjual saja rumah tersebut. Apalagi renovasi merupakan investasi jangka panjang, dan perlu di ingat, bahwa keputusan Anda memiliki konsekuensi yang sangat besar untuk kedepannya. Berikut adalah lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum merenovasi rumah:

realestate

1. Miliki Dateline yang Jelas

Tetapkan sebuah target dan rencana yang jelas. Tenggat waktu untuk meninjau ulang setiap langkah, dan memastikan Anda tetap pada rencana awal.

2. Mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Mengurus IMB akan memakan waktu yang lumayan, jadi prioritaskanlah untuk mulai mengurusnya diawal sebelum melakukan renovasi. Meskipun memang tidak semua renovasi membutuhkan IMB, hanya renovasi yang merombak denahlah yang membutuhkan IMB, misalnya:
-Menambah kamar
-Membongkar tembok untuk menambah luas ruangan
-Membuat bangunan baru baik di atas maupun di samping
-Mengubah fasad

Jika renovasi yang Anda lakukan termasuk dari salah satu diatas, Lengkapkan dokumen persyaratan IMB, dan segera ajukan ke kecamatan terdekat. Ingat, jangan terlalu jauh merenovasi, sebelum benar-benar mendapat persetujuan.

3. Realistis dengan Anggaran

Perencanaan anggaran yang jelas adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari over budget. Buatlah daftar semua kebutuhan renovasi, mulai yang terbesar hingga yang terkecil, miliki juga dana cadangan dalam anggaran Anda, minimal 10% dari total anggaran yang akan sangat membantu, sewaktu-waktu.

4. Menjadi Manajer Proyek

Lebih hemat dengan menjadi manajer proyek Anda sendiri. Dengan mengelolanya secara langsung, Anda dapat mengatur dan memastikan semua pembangunan berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Namun, ingat Anda harus tetap realistis tentang tingkat keahlian dan waktu yang dapat Anda dedikasikan untuk proyek tersebut.

5. Jadilah Perfect

Temukan toko bangunan terbaik dari segi harga dan kualitasnya dengan melakukan survei terlebih dahulu. Pastikan juga, Anda telah mempekerjakan orang-orang terbaik dengan meminta saran dari klien kontraktor sebelumnya atau dengan mempelajari portofolio kontraktor dengan seksama.

Ayo miliki rumah terbaik sesuai dengan mimpi dan keinginan Anda, melalui perencanaan secara matang yang akan membantu Anda secara signifikan dalam perenovasian rumah kedepannya. Baca Juga: Rumah Kontainer Unik ala HonoMobo ini Siap di Pesan Secara Online

Sumber: Dari berbagai sumber

Submit a Comment