Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

5 Tips & Trik Selalu Produktif Meskipun Bekerja dari Rumah

5 Tips & Trik Selalu Produktif Meskipun Bekerja dari Rumah

Urbanloka.com – Bekerja dari rumah telah menjadi tren di negara-negara maju. Banyak perusahaan di Amerika yang memberikan kesempatan pada karyawannya untuk bekerja dari rumah. Indonesia sebagai negara berkembang sedikit banyak telah meniru kebebasan ini, apalagi jika kamu seorang freelancer yang bebas bekerja darimana saja. Berikut ini beberapa kiatnya tetap produktif meskipun bekerja dari rumah Urbaners.

KOMITMEN

Manfaatkan waktu dengan cara yang bijak ya. Bekerja dirumah bukan berarti bermalas-malasan, justru kita harus tetap menjaga komitmen dalam menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan kualitas dan waktu yang ditentukan, tanpa harus diawasi. Salah satu cara kerja yang efektif adalah bekerja dengan jadwal dan checklist. Mulai selesaikan satu persatu pekerjaan yang ada di checklist. Prioritaskan pekerjaan yang memang harus diselesaikan sekarang.

CARI WAKTU TERBAIK

Cari tahu, kapan waktunya kamu dapat bekerja dengan lebih efektif. Apakah saat malam hari hingga menjelang subuh? Atau pagi hari? Atau justru disiang hari. Salah satu keuntungan bekerja dirumah adalah kamu dapat mengatur sendiri waktu bekerja yang paling coock dan efektif untukmu. Namun tentu saja jangan terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja. Idealnya, kamu perlu istirahat selama 17 menit setelah bekerja selama 52 menit. Setelah istirahat, otak akan kembali segar dan dapat berpikir lebih jernih.

JAUHKAN SEGALA SUMBER GANGGUAN

Jauhkan segala macam gangguan seperti social media. Kurangi waktu untuk bolak-balik mengecek handphone. Hindari untuk bekerja dekat dengan televisi, meja makan dan tempat tidur. Pisahkan ruang bekerjamu, dari ruang bersantai, karena hal ini hanya akan memancingmu untuk terus bermalas-malasan dalam waktu yang lebih lama.

CIPTAKAN SUASANA YANG KONDUSIF UNTUK BEKERJA

Persiapkan sendiri alat tulis, kopi, camilan, printer, dan lainnya sebelum mulai bekerja. Biasakan juga untuk mulai memasak sendiri menu makanan sehat kesukaanmu. Selalu stok sayuran, buah, dan camilan sehat di dalam kulkas. JIka butuh, tinggal ambil dari kulkas dan memasaknya. Hal ini selain lebih sehat, juga lebih irit dari segi keuangan Urbaners.

DEKOR RUANGAN SENYAMAN MUNGKIN

Buat lingkungan kerja senyaman mungkin. Tahukah kamu, warna dekorasi ruangan ternyata mampu memengaruhi produktivitas. Jika ingin fokus bekerja gunakan warna biru, bekerja secara efisien dalam waktu yang lama pilihlah warna hijau, sementara warna yang membangkitkan kreativitas adalah warna kuning. Selain itu jaga ruang tetap dalam keadaan sejuk, menurut sebuah penelitian Barkeley Lab dari University of California, 21 derajat celsius adalah suhu ideal untuk bekerja lebih produktif.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.