Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Kebiasaan yang Akan Menghindarkan Anda dari Kebotakan nih Urbaners

6 Kebiasaan yang Akan Menghindarkan Anda dari Kebotakan nih Urbaners

Urbanloka.com – Mungkin karena genetika, Mungkin juga karena tekanan tagihan dan pekerjaan. Namun apapun penyebabnya, kebotakan kerap terjadi tak bisa dihindari. Kebotakan sendiri merupakan perpanjangan kasus rambut rontok yang disebabkan oleh dihydrostestosterone (DHT), sebuah hormon androgen, yang muncul karena sedikitnya kadar testosteron.

Munculnya DHT menyebabkan folikel, atau struktur kulit tempat rambut menipis, sehingga menghalangi pertumbuhan rambut secara normal. Ada beberapa kebiasaan yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kebotakan, berikut diantaranya:

Gosok Kulit Kepala dengan Lembut

Menscrubbing kulit kepala dengan terlalu keras dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. So, gosoklah secara lembut namun intens untuk menjaga folikelnya tetap kuat. Menggosok rambut secara lembut juga akan meningkatkan aliran darah ke sel-sel di kulit kepala, yang pada gilirannya akan meningkatkan sirkulasi serta penyaluran nutrisi ke sel-sel inti. Hal ini akan memperkuat dan memperkaya folikel rambut sehingga mengurangi kerontokan.

Gunakan Conditioner

Hindari kebiasaan keramas setiap hari, karena terlalu banyak shampoo pada rambut akan membuatnya menjadi rapuh. Keramaslah paling tidak 2 hari sekali, dan gunakan sampo serta conditioner yang cocok dengan rambut untuk mengurangi kerontokan.

Jangan Terlalu Banyak Mandi dengan Air Panas

Hindari kebiasaan terlalu sering mandi dengan air panas yang sesungguhnya membahayakan rambut karena dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan rusak. Mandilah dengan air dingin karena ia tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Minyak ini sangat penting, karena Minyak alami inilah yang menjaga kesehatan rambut Anda, serta pada gilirannya mencegah kerontokan rambut.

Konsumsi Makanan Sehat

Diet sehat bisa mendetoksifikasi semua racun dan toksin yang ada pada tubuh, Mulailah menghindari makanan jenis gorengan demi mengurangi produksi sebum berlebih. Penelitian di India menganjurkan Anda berhati-hati mengonsumsi makanan pencuci mulut, karena kenaikan hormon insulin berlebih juga disebabkan oleh konsumsi gula dalam tingkat besar sebagai pemicu meningkatnya hormon testosteron.

Obat & Vitamin atas Anjuran Dokter

Jika Anda mengalami kebotakan dini (di rentang usia 20-an), disarankan untuk melakukan perawatan dengan salep khusus rambut yang mengandung zat Minoxidil. Zat tersebut memiliki manfaat sebagai stimulan pada folikel untuk kembali membentuk pori-pori yang cukup bagi rambut untuk kembali tumbuh secara normal. Alternatif lainnya, Anda dapat mengonsumsi obat Finasteride melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Obat ini dapat bantu kurangi risiko perubahan bentuk testosterone menjadi DHT.

Gunakan Topi

Atasi sinar UV berlebihan, yang dapat menyebabkan gatal, kulit mengelupas, serta kerusakan sel yang tidak dapat diperbaiki pada rambut. Atasi semua ini dengan penggunaan topi saat beraktivitas. Pilihlah topi yang agak longgar, agar tetap nyaman digunakan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.