Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Kecerobohan Penyebab Kebakaran Rumah Ini Perlu Kamu Waspadai

6 Kecerobohan Penyebab Kebakaran Rumah Ini Perlu Kamu Waspadai

Urbanloka.com – Kebakaran merupakan salah satu bencana yang paling mengkhawatirkan. Bayangan lenyapnya seluruh harta benda yang Anda miliki pasti membuat Anda sebisa mungkin mencegah peristiwa ini terjadi. Ayo jangan sampai teledor, ini dia kecerobohan penyebab kebakaran rumah yang perlu Anda waspadai Urbaners. Check it out!

fire-illustration_23-2147503409

  • Meninggalkan Kegiatan Memasak

Jika harus mengerjakan hal lain sementara tengah memasak, seperti pergi ke warung atau menyapu halaman, pastikan untuk tidak meninggalkan kom[or dalam keadaan menyala. Selalu Perhatikan kebiasaan memasak Anda serta benda-benda lain yang ada di sekelilingnya. Biasakan pula untuk tidak meletakkan bahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor.

  • Merokok di dalam rumah

Sediakan wadah khusus untuk mematikan dan membuang puntung rokok dan Hentikan kebiasaan buruk ini, jika memang sulit untuk dihentikan, lakukan di luar rumah. Saat Anda merokok di dalam rumah, tanpa sengaja bara api dapat mengenai tirai, karpet, sofa, atau pakaian Anda. Selain itu,

  • Lilin

Menyalakan aroma terapi memang memberikan ketenangan, tapi matikan apinya saat Anda berniat tidur. Jika memang kemungkinan akan ketiduran, gunakan tempat lilin yang akan mati jika keseluruhan lilinnya sudah meleleh.Jangan meletakkan lilin tanpa alas di meja atau di lantai sebab apinya bisa menyambar benda di sekitarnya saat meleleh.

  • Penggunaan kabel

Cek keadaan kabel di rumah Anda, pastikan tidak ada kabel yang digigit tikus atau mengelupas. Kabel yang rusak akan memicu terjadinya korsleting listrik.

  • Penggunaan perabotan yang berhubungan dengan panas

Sama halnya dengan kompor, sebaiknya Anda berkonsentrasi saat tengah menyetrika atau ketika memanggang roti dengan toaster yang ditutup. Kedua alat rumah tangga ini akan mengeluarkan panas tinggi yang bisa membakar benda di sekelilingnya yang terbuat dari plastik, kertas, ataupun kain. Segera matikan saat Anda tak lagi menggunakannya.

  • Kegiatan barbecue

Setelah Anda berpiknik dan memasak dengan alat pemanggang, segera bersihkan alat tersebut. Pastikan tak ada lagi sisa bara api di dalam pemanggang.

Demikian tips urbaners, meminimalisir dampak kebakaran, setiap rumah hendaknya memiliki persiapan, seperti menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), atau yang biasa dikenal dengan tabung pemadam.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.