Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Kiat Jitu Hemat Penggunaan Listrik Pada Hunian Anda

6 Kiat Jitu Hemat Penggunaan Listrik Pada Hunian Anda

Urbanloka.com – Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik dan air terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik maupun air harus disiasati dengan pola hidup hemat. Berikut ini beberapa kiat hemat listrik, untuk dunia yang lebih baik sekaligus menghemat pengeluaranmu Urbaners. Check it out!

CC BY 2.0 Electric tower by Bert Kaufman/Flickr

Ganti Bola Lampu dengan LED

Ganti penggunaa lampu biasa dengan cahaya (LED) .Mereka telah begitu jauh di bawah harga yang seharusnya Anda mengambil menyampaikan compact fluorescent.

Hemat Pemakaian Lampu

Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00.

Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. Sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off.

Matikan Handphone Saat Tidur

Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala. TV masih menyala ketika tidur, lampu menyala, gadget sedang dalam proses pengisian baterai, dan lain-lain.

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda menghemat pengeluaran tagihan listrik. Hal ini akan membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik.

 

Gunakan AC Seperlunya

Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda.

 

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.