Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Kiat Terapkan Pola Kerja yang Ramah Lingkungan

6 Kiat Terapkan Pola Kerja yang Ramah Lingkungan

Urbanloka.com – Tempat kerja dengan konsep go green dapat berarti jejak ekologi yang ringan, sehat dan menciptakan produktivitas. Berikut beberapa langkah dan pola yang mampu menanggulangi efek global warming, dengan menerapkan pola kerja dan kantor yang ramah lingkungan. Apa sajakah itu Urbaners? Check it out!

Sumber Foto: Kodomut Flickr

Sumber Foto: Kodomut Flickr

1.Optimalkan Penggunaan Listrik
Bagi banyak orang, komputer adalah alat sentral di tempat kerja. Mengoptimalkan pengaturan energi untuk komputer dan perangkat lain dapat menjadi salah satu cara menghemat energi. Setting komputer Anda pada mode hemat energi dan pastikan untuk mematikannya ketika tak lagi digunakan, karena tahukah Anda, mode “awake” akan terus menarik listrik bahkan ketika tidak digunakan. Nyalakan Printer, scanner, dan periferal lainnya hanya ketika digunakan.

2.Tetap Dalam Format Digital
Hemat penggunaan kertas, dengan menjaga banyak file tetap dalam format digital. Semakin banyak file yang Anda simpan secara online, semakin sedikit  kertas yang Anda butuhkan. Menyimpan file di komputer juga memudahkan Anda untuk membuat salinan atau backupnya kapanpun Anda butuhkan.

3. Jangan Membuang-buang Kertas
Ketika membeli kertas printer, pilihlah kertas daur ulang. Meskipun bahkan kertas daur ulangpun telah banyak melahap penggunaan energi, seperti air, dan banyak sumber daya kimia lainnya dalam pengolahannya. Bila memungkinkan PIlih penggunaan printer dan mesin fotokopi dengan sistem pencetakan pada kedua sisi.

Sumber Foto: Kodomut Flickr

Sumber Foto: Kodomut Flickr

4. Gunakan Kendaraan Umum
Gunakkan angkutan umum, bersepeda, berjalan, atau kombinasi kreatif diantaranya. Pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan listrik, sepeda motor, skuter, atau menggunakan kendaraan umum.

5. Bekerja dari rumah
instant messaging, konferensi video, dan alat-alat kerja inovatif lainnya mengefektifkan cara kerja jarak jauh. Hal ini juga sekaligus menghemat waktu Anda. Hal ini tanpa Anda sadari dapat menghemat energi dan waktu yang dihabiskan di Kendaraan yang tidak ramah lingkungan hingga 20%, sekaligus memberikan Anda beberapa pekan yang indah.

Sumber Foto: Kodomut Flickr

Sumber Foto: Kodomut Flickr

6. Gunakan Berbagai Produk Daur Ulang
Gunakan kertas daur ulang dan amplop yang telah diolah menggunakan metode ramah lingkungan. Pulpendan pensil juga bisa dibuat dari bahan daur ulang. Membeli dalam jumlah besar sehingga pengiriman dan limbah kemasan berkurang, serta gunakan kembali kotak pengiriman.

7. Desain ulang Kantor Anda
Mulailah dengan memilih furnitur, pencahayaan dan udara yang baik. Furniture dapat diproduksi dari bahan daur ulang serta daur ulang. Herman-Miller dan Steelcase dua perusahaan inovatif yang telah mengadopsi protokol Cradle-to-Cradle untuk banyak kursi kantor mereka. lampu pijar dapat diganti dengan lampu yang menggunakan sedikit saja dari energi. Menjaga kualitas udara ruang kerja juga penting. Ventilasi dengan bahan (seperti furniture dan karpet) akan menjaga karyawan tetap dalam kondisi sehat.

Sumber; dari berbagai Sumber

Submit a Comment