Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Langkah Mulai Terapkan Gaya Hidup Organik & Go Green

6 Langkah Mulai Terapkan Gaya Hidup Organik & Go Green

Urbanloka.com – Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida pada produk makanan, kecantikan maupun rumah tangga tidak hanya mengganggu kesehatan pemakainya, tapi juga merusak lingkungan. Dalam jangka panjang, bahan kimia berbahaya tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan menciptakan lingkungan tidak kondusif serta mengancam kesehatan. Dengan gaya hidup organik, hal-hal tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Bagaimana menerapkan gaya hidup organik dalam keseharian? Ini langkah-langkah mudahnya Urbaners.

Sumber Foto: Majalh Pesona

Mulai dari Hal Kecil

Kiat mulai selaras alam dari yang paling sederhana, diri sendiri dulu. Hidup dengan hemat air dan listrik. Pelan-pelan kurangi makanan yang banyak mengandung pengawet dan pemanis buatan Urbaners. Saat sikat gigi kran air sebaiknya dimatikan dan baru nyalakan lagi ketika sudah selesai. Begitu pun saat mandi. Bila Anda menggunakan shower, matikan saat memakai sabun dan baru nyalakan ketika ingin membilasnya.

Cari Produk Organik

Perlahan-lahan, cobalah mengganti bahan makanan dengan produk organik. Seperti sayur atau beras organik. Saat mengonsumsinya, jangan hanya berpikir untuk kesehatan tubuh tapi juga petani atau produsen organik kecil. Dengan menggunakan produk organik, maka Anda turut mensejahterakan pengusaha atau petani organik.

Kurangi Makan di Luar

Lakukan penghematan dengan mengurangi makan di luar. Saat masak sendiri di rumah, otomatis kita menggunakan produk hasil petani dan keamanan serta kandungan nutrisinya pun lebih terkontrol. Selain itu juga lebih hemat biaya.

Belanja Tanpa Pelastik

Apabila Anda hanya membeli sebotol air mineral, sebatang cokelat atau satu buah pulpen maka bisa langsung dimasukkan dalam tas atau kantung baju.

Biasakan Anak Melakukan Aktivitas Outdoor

Betty Nurbaiti, pemilik online shop organik Green Shop mengaku membiasakan anak-anaknya bermain di luar pada akhir pekan. Melakukan aktivitas outdoor, khsususnya pagi menjelang siang akan membuat tubuh dapatkan cukup vitamin D untuk membantu pertumbuhannya.

Furnitur Ramah Lingkungan

Pilihlah furnitur ramah lingkungan atau terbuat dari bahan daur ulang. Misalnya saja, gunakan furnitur yang tidak mengalami proses furnishing atau pengecatan. Jika ingin memberikan anti rayap, pilih produk natural. Mulai ciptakan juga ruang-ruang hijau pada hunian Urbaners.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.