Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

6 Tips Kurangi Penggunaan Plastik untuk Hidup Lebih Bertanggung jawab

6 Tips Kurangi Penggunaan Plastik untuk Hidup Lebih Bertanggung jawab

Urbanloka.com – Tidak mungkin untuk menghindari plastik sepenuhnya, tetapi ada cara yang efektif untuk membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan Anda. Plastik sangat lumrah digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sangat perlu, untuk berjuang hidup bebas tanpa plastik, dalam mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya Urbaners!

Sumber Foto: Life Without Plastic

Sumber Foto: Life Without Plastic

1. Hindari pelanggar plastik yang paling buruk
Jika Anda memeriksa bagian bawah setiap wadah plastik, Anda akan melihat sejumlah (1 sampai 7) di dalam segitiga yang terbuat dari panah. Arti dari kode plastik itu adalah:

# 3 – Polyvinyl Chloride, plastik yang sangat beracun dan mengandung aditif berbahaya seperti timbal dan phthalates, segera remas dan singkirkan botol, wadah selai kacang, atau mainan anak dengan kode #3

# 6 – Polystyrene, yang berisi styrene, racun bagi otak dan sistem saraf, biasanya digunakan pada sterofoam, piring sekali pakai, dan sendok garpu plastik

# 7 – Polycarbonate / kategori lain, yang berisi bisphenol A dan ditemukan di sebagian besar makanan logam liners, yang plastik cangkir, botol minum olahraga, jus dan botol kecap

2. Gunakan wadah non-plastik
Bawalah botol air yang dapat Anda gunakan lagi sebagai wadah air dalam perjalanan ke manapun Anda pergi. stainless steel,kotak Bento kayu, dan lain-lain.

3. Jangan minum air kemasan
Membeli air kemasan di Amerika Utara adalah hal yang tak masuk akal, selain karena harganya yang melambung, juga karena masyarakatnya lebih memilih untuk meminum dari air keran yang lebih ekonomis dan sama bersihnya. Hal ini tentu saja akan mengurangi sampah plastik di bumi. Untuk di Indonesia, paling tidak bawalah selalu air kemanapun Anda berada.

4. Hindari makanan beku
Makanan beku adalah salah satu faktor timbulnya limbah kemasan yang berlebihan di muka bumi. Kurangi konsumsinya, dan perbanyak memasak sendiri Urbaners. Selain lebih hemat, dan lebih sehat. Mengurangi sampah plastik tentunya.

5. Bawalah Reusable bag ketika berbelanja, letakan selalu ditempat yang mudah terlihat agar Anda selalu ingat untuk membawanya ketika berbelanja. Gunakan Reusable bag yang bisa dilipat dan diletakan di dalam tas. Jika tidak membawa Reusable bag, usahakan kurangi kantong plastik dengan cara memasukkan seluruh belanjaan dalam satu kantong.

6. Sadarkan/ajarkan anak-anak atau ingatkan orang-orang disekitar kita untuk menghindari/mengurangi pemakaian kantong plastik dan Daur ulang kantong plastik dengan berbagai cara kreatif.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners! 😉

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment