Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

7 Kiat Mengecat Hunian Sendiri Tanpa Bantuan Tukang

7 Kiat Mengecat Hunian Sendiri Tanpa Bantuan Tukang

Urbanloka.com  – Warna, Cat dan DekorBagaimana cara mengecat rumah sendiri tanpa tukang? Apakah anda merasa suasana rumah anda membosankan? Anda ingin merubahnya dengan  mengganti warna cat dinding? Apakah anda merasa sedikit ribet dengan adanya tukang cat? Apakah anda ingin sedikit berolah raga dan berekspresi dengan tata warna rumah? Tidak perlu memakai jasa tukang cat, Anda pun bisa melakukannya sendiri untuk lebih menghemat biaya. Berikut ini beberapa kiatnya Urbaners, selamat mencoba!

Sumber Foto: murawall

PERSIAPKAN ALAT

Hal pertama, Anda harus mempersiapkan peralatan untuk mengecat, seperti masking tape, lakban, koran, tangga, amplas, dempul, kuas, kaleng air, bak cat dan roller.

BERSIHKAN DINDING

Dinding yang akan dicat harus dibersihkan sebelumnya dari debu. Tujuannya untuk menghasilkan permukaan dinding yang halus dan rata. Anda dapat membersihkan dinding menggunakan vacuum cleaner, sapu, atau kemoceng.

ADUK CAT

Aduk cat sebelum digunakan untuk menghasilkan warna yang optimal, kurang lebih selama lima menit, kemudian campurkan dengan 10% air dari jumlah cat yang digunakan.

Sumber Foto: murals wallpaper

WARNA DASAR

Jika Anda ingin mengubah warna dinding dengan warna selain putih, Anda harus mengamplas dinding terlebih dahulu untuk membuang warna sebelumnya.

KUAS KECIL

Roller cat akan membantu untuk mengecat pada permukaan dinding yang besar. Namun untuk menjangkau area yang sempit seperti sudut ruang, Anda membutuhkan kuas ukuran kecil agar hasil cat tidak berantakan.

Sumber Foto: etsy

 

 

 

TUTUP BAGIAN YANG TIDAK DI CAT

Tutupi bagian ruang yang tidak ingin Anda cat, misalnya bingkai jendela, gagang pintu, tepi plafon, dan sebagainya. Tutup menggunakan lakban atau masking tape. dan gunakan teknik zig zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata.

 

RATAKAN RETAKAN

Jika terdapat retakan/celah pada dinding, Anda harus menutupnya dengan dempul terlebih dulu. Ratakan dempul menggunakan amplas hingga halus.

 

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.