Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

8 Cara Pintar, Ciptakan Perpustakaan Minimalis yang Nyaman Pada Hunian

8 Cara Pintar, Ciptakan Perpustakaan Minimalis yang Nyaman Pada Hunian

Urbanloka.com – Buku Adalah jendela dunia. Anda penggemar buku Urbaners? Buku mulai menumpuk tak terawat? Atasi dengan cara ini. Yuk buat perpustakaan minimalis nyaman pada hunianmu!

PILIH SPOT YANG TEPAT DI HUNIAN

Tak perlu ruang khusus, hanya pertimbangkan saja spot yang cukup tenang pada sudut hunian dengan tak terlalu banyak orang berlalu lalang. Pilih juga ruang dengan penerangan terbaik. Sesungguhnya semua ruang dapat dimungkinkan diubah menjadi perpustakaan mini, seperti  kamar tidur, ruang kerja, ruang makan dan ruang-ruang kosong lainnya Urbaners.

TEMPAT PENYIMPANAN BUKU

Apabila memiliki koleksi buku yang sangat banyak, maka rak buku raksasa dari bagian lantai hingga ke langit-langit ruangan dapat menjadi pilihan. Jika perlu buat sendiri rak untuk keperluan ini yang menempel ke tembok sehingga menghemat ruang. Sementara jika koleksi Anda tidak terlalu banyak maka Anda dapat menggunakan rak buku yang djual di pasaran atau rak floating shelves. Pastikan rak aman dan tidak rentan roboh Urbaners.

 

KONDISIKAN MOOD

Ciptakan suasana atau mood ruang sesuai dengan kebutuhan, agar Anda lebih fokus membaca. Jika Anda menyukai suasana perpustakaan yang klasik maka nuansa warna merah dan coklat dapat menjadi pilihan. Lain halnya Jika Anda menyukai suasana yang segar dan cerah maka pemilihan warna terbaiknya adalah biru muda, kuning dan putih. Mulailah menciptakan ruang baca impian dengan warna yang tepat Urbaners.

FURNITURE

Setelah menentukan warna, saatnya menentukan furniture yang tepat. Putuskan berapa buah kursi atau sofa yang Anda perlukan sesuai dengan kondisi ruangan. Selain itu apakah diperlukan meja, aksesoris dan lainnya. Pastikan kesemuanya mendapatkan akses pencahayaan alami atau lampu dengan merata. Jika ruangan Anda sempit maka Anda dapat meletakkan tempat duduk berdampingan dengan rak buku

PENYIMPANAN BUKU

Jika Anda merasa tempat penyimpanan buku masih belum cukup, maka ciptakan rak di tempat yang lebih leluasa ditambahkan rak yaitu langit-langit ruangan, area bawah tangga, space di bawah jendela, diatas ambang pintu dan lain sebagainya. Siapkan tangga perpustakaan mini sehingga Anda dapat menjangkau buku-buku tersebut.

PILIH RAK YANG TEPAT

Anda tidak ingin buku-buku Anda tampak melorot karena rak yang melengkung tidak kuat menahan beban berat buku bukan? Pastikan bahwa untuk rak sepanjang 36 inci maka diperlukan rak setebal 1 inci. Jika perlu lebih panjang lagi, maka rak harus lebih tebal juga.

JAGA KEBERSIHAN BUKU

Harta karun Anda bisa saja menjadi lembab, berwarna kuning atau terserang serangga jika tidak dirawat dengan baik. Problem yang paling ringan dan pasti adalah serangan debu. Bersihkan area pustaka Anda termasuk rak dan buku-buknya secara berkala. Keluarkan buku dari rak, bersihkan dan atur kembali. Gunakan lap yang lembut dengan cairan pembersih khusus.

ORGANISIR BUKU DENGAN BAIK

Mengatur letak buku Anda sesuai dengan selera atau yang paling mudah agar Anda mudah menemukan buku yang Anda inginkan. Anda bisa saja memisahkan antara buku fiksi dengan buku ilmu pengerahuan, sejarah atau autobiografi. Bisa juga memisahkannya sesuai abjad judul dan/atau pengarang. Disarankan untuk tidak menumpuk buku diatas tumbukan buku vertikal dibawahnya, dan pisahkan buku paperback dan hardcover Urbaners.

Sekian tips, semoga bermanfaat ya! Let’s read!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.