Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ajarkan Si Kecil Pola Hidup Zero Waste dengan Kiat Ini Urbaners!

Ajarkan Si Kecil Pola Hidup Zero Waste dengan Kiat Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Kini semakin sering kita mendengar tagar #zerowaste yang berisi unggahan soal berbagai hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi sampah. Berikut beberapa kiatnya ajarkan  metode zero waste dalam kehidupan sehari-hari pada si kecil Urbaners.

MEMBERI CONTOH

Orangtua harus memberikan contoh kepada anak-anaknya dalam meminimalkan sampah. Pada dasarnya, anak-anak akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtua mereka.

MENJADI REKAN DISKUSI

Orangtua sebaiknya mengajak anak-anak berpikir jangka panjang tentang dampak sampah. Anak-anak diajak memahami konsekuensi dari tindakan mereka juga tindakan orang-orang di sekitar mereka.

MEMBERIKAN SUPPORT

Orangtua mempunyai peranan penting dalam memberikan dorongan dan motivasi untuk anak-anak dalam meminimalisasi sampah, terutama sampah plastik. Selain itu, orangtua perlu untuk mengajak anak memahami konsekuensi dari tindakan mereka. “Semisal sedotan, plastik jajanan akan berakhir di mana. Apa yang terjadi jika mereka banyak menggunakan sedotan, senang jajan, dll,” papar dia. Sampahku tanggung jawabku. Melalui cara ini, jika anak-anaknya jajan, mereka yang akan mengolah sampah tersebut. Anak-anak membereskan, mencuci lalu mengeringkan sampah mereka sendiri, kemudian dibuat ecobrick. Ecobrick adalah botol plastik yang dipenuhi hingga padat segala sampah yang tidak terurai. Semakin sedikit isi ecobrick, semakin baik karena itu menandakan penggunaan sampah sudah berkurang. Orangtua juga dapat mengajarkan anak-anak untuk merencanakan apa yang mereka beli, apa yang mereka butuhkan, atau apa yang anak-anak inginkan. Saat bepergian, orangtua dapat memaksimalkan penggunaan tempat makan atau botol minum yang tidak sekali pakai.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber; dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.