Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Aplikasikan Desain Hunian ala Jepang yang Hangat Rancangan Pranala Associates Ini

Aplikasikan Desain Hunian ala Jepang yang Hangat Rancangan Pranala Associates Ini

Urbanloka.com – Siapa diantara Anda yang menginginkan desain hunian ala Jepang dengan konsep kesederhanaan, yang menimalisir unsur dekoratif dan memaksimalkan dinding polos. Unsur-unsur kayu biasanya banyak menghiasi desain rumah Jepang, baik sebagai pelapis lantai, dekorasi di dinding, maupun material partisinya. Seperti yang tampak pada Hikari House rancangan Pranala Associates di Bandung ini, simak lebih lengkapnya berikut ini.

Rumah ini memiliki luas kurang lebih 750 meter persegi, dari segi material, sang arsitek banyak menggunakan material low maintenance untuk kemudahan perawatan, seperti kayu ulin, beton ekspos, dan baja. Material-material ini juga dapat dijumpai di interior seperti di master bedroom dan area lainnya.

Hunian yang diberi nama Hikari House, ini juga mengutamakan atmosfer zen selayaknya budaya Jepang. Pranala Associates selaku arsitek dan desainer interior mengaplikasikan konsep rumah teras Jepang dengan mencoba memasukan elemen eksterior ke interior.

Dengan banyaknya bukaan, lansekap taman belakang menjadi pemandangan menyenangkan yang dapat dinikmati dari ruang tamu dan kamar utama. Taman belakangnya ini sengaja dibuat berundak-undak untuk menghadirkan hubungan dengan alam yang lebih kuat untuk penghuni saat duduk di living room.

Dengan pintu di dekat taman belakang, udara dapat bergerak dari belakang menuju ke patio di tengah ruangan. Pergerakan udara ini pun dapat dikontrol oleh pemiliknya dari dalam dengan hanya membuka dan menutup pintu.

Konsep inside out ini diharapkan dapat membuat nuansa yang berbeda, menyamarkan batasan antara luar dan dalam. Tantangannya adalah menyesuaikan dan mengadopsi kaidah-kaidah elemen desain Jepang terhadap iklim di Indonesia. Sungguh sangat menarik ya Urbaners. Tertarik menerapkannya pada hunian Anda?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.