Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Atap Unik Sebagai Inovasi dari Ruang Bekerja dan Berkarya ala PUP Arsitek

Atap Unik Sebagai Inovasi dari Ruang Bekerja dan Berkarya ala PUP Arsitek

Urbanloka.com – Arsitek PUP membangun struktur unik di atas kompleks studio seniman di sebuah kanal london timur. Desain ‘antepaviliun’ ini mencoba mengeksploitasi peraturan bangunan Inggris yang memungkinkan atap mekanik ini dipasang tanpa izin perencanaan. Diberinama ‘H-VAC’, proyek tersebut ingin menunjukkan bahwa tempat tinggal dapat dibangun dengan infrastruktur pendingin udara, dan tempat tinggal mikro pop-up semacam ini sesungguhnya dapat dibangun di seluruh kota.

Skema, yang merupakan seri pertama dari struktur eksperimental tahunan ini akan dibangun di dermaga hoxton. Ide yang dipilih dari 128 proposal dari kompetisi yang diselenggarakan oleh yayasan arsitektur dan disponsori oleh perusahaan pengembang properti, shiva.

Mengeksplorasi alternatif kehidupan perkotaan serta isu-isu daur ulang. proyek ini dirancang dan dibangun oleh arsitek PUP dengan bantuan tukang kayu, sukarelawan, dan dukungan teknis dari para insinyur struktural, AKTii. ‘Antepaviliun’ sendiri mengeksploitasi undang-undang yang memungkinkan pembangunan atap pada hunian.

 

Pengunjung dapat mengakses bangunan ini melalui tangga yang terhubung dari bagian dalam hunian. Paviliun ini juga termasuk sebuah ruangan kecil dengan dua kursi yang dirancang dapat menampung hingga enam orang sekaligus. Strukturnya yang dilapisi dengan herpes zoster tetra-pak kemudian dirancang ulang secara khusus serta tahan air.

‘Antepaviliun’ sendiri telah dibuka untuk umum mulai dari 16-17 September 2017 kemarin, sebagai bagian dari open house hunian di London.

‘Meskipun pembangunan yang diizinkan adalah instalasi atap dengan infrastruktur berskala besar” namun tantangan membangun atap minimalis sebagai bagian dari tempat berkarya dan bekerja penghuninya. Peminimalisan dari bentuk yang diijinkan, menjadikan paviliun ini sebagai prototipe tempat tinggal atap london yang mirip dengan menara air di kota new york yang cukup terkenal itu.

Berikut dibawah ini rancangan interiornya dari berbagai sudut Urbaners.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment