Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ayo Kenali 7 Jenis Sampah Plastik dan Langkah Daur Ulangnya

Ayo Kenali 7 Jenis Sampah Plastik dan Langkah Daur Ulangnya

Urbanloka.com – 5 Gyres Institute telah menerbitkan sebuah laporan berjudul “List Sampah Plastik.” Tujuannya adalah untuk menilai plastik mana yang paling merusak kesehatan manusia dan lingkungan. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan sampah plastik dan menganalisisnya untuk melihat bahan kimia mana yang paling beracun dalam pembuatan plastik, serta sistem pemulihan apa (daur ulang, pengomposan, penggunaan kembali) yang dapat dilakukan untuk menanganinya.

Daftar ini mencakup “Alternatif Terbaik” serta langkah-langkah yang dapat dilambil oleh konsumen, industri, dan pemerintahan tanpa menunggu perbaikan teknologi. Berikut ini 7 jenis sampah plastik dan langkah daur ulangnya Urbaners.

1. PET – (PolyEthylene Terephthalate)

Tipe dan jenis plastik PET (PolyEthylene Terephthalate) memiliki titik leleh atau lebur yang sangat tingi. Botol air mineral, botol minuman bersoda, botol shampoo, botol obat kumur dan botol untuk selai roti merupakan beberapa contoh jenis dan tipe plastik berjenis PET ini. Daur ulang plastik berjenis jenis dan tipe PET dapat dibuat sebagai karpet dan juga pakaian berbahan polyester.

2. HDPE – (High Density PolyEthylene)

High Density Polyethylene (HDPE) adalah salah satu tipe dan jenis plastik yang paling umum digunakan di Amerika Serikat. Kantong plastik, botol susu, botol diterjen, botol lotion dan botol-botol alat kecantikan dan mandi, merupakan beberapa contoh kegunaan jenis dan tipe plastik HDPE di kehidupan sehari-hari. Daur ulang HDPE difungsikan untuk memproduksi produk rumput dan taman, ember, alat-alat perkantoran dan suku cadang kendaraan bermotor.

3. Vinyl – PVC (PolyVinyl Chloride)

Vinyl tidak dibuat dengan bahan alami, namun tipe dan jenis plastik ini dibuat oleh manusia. Vinyl adalah jenis dan tipe plastik yang dibuat dari etilena yang biasa ditemukan dalam minyak mentah dan klorin yang biasa ditemukan dalam garam biasa. Vinyl merupakan jenis plastik yang sangat berbeda dengan plastik lainnya. Vinyl dapat dengan mudah didaur ulang karena daya tahan nya. Tipe dan jenis plastik vinyl biasa digunakan untuk botol minyak goreng, untuk pengepakan kemasan daging segar dan terkadang tipe dan jenis plastik vinyl digunakan untuk produk-produk berbahaya seperti botol alat pembersih kaca.

4. LDPE (Low Density PolyEthylene)

Low Density PolyEthylene (LDPE) adalah termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Tipe dan jenis plastik LDPE biasa digunakan sebagai plastik roti, plastik makanan beku (frozen plastic bags) dan wadah untuk mentega dan margarin. Produsen biasa menggunakan LDPE untuk menciptakan berbagai macam produk plastik, dari pasokan medis hingga pelapis kertas (paper coatings).

5. PP (PolyPropylene)

PolyPropylene (PP) adalah tipe dan jenis plastik polimer termoplastik yang digunakan dalam berbagai macam aplikasi termasuk kemasan dan pelabelan. Selain itu hasil daur ulang PolyPropylene dapat diproduksi untuk berbagai macam produk tekstil (misalnya tali dan karpet), alat tulis, peralatan laboratorium dan komponen otomotif.

6. PS (PolyStyrene)

Tipe dan jenis plastik PolyStyrene (PS) digunakan hanya untuk bahan-bahan eksklusif seperti stereofoam, gelas dan piring plastik dan juga karton untuk telur. PolyStyrene adalah salah satu jenis dan tipe plastik yang paling banyak digunakan. Skala penggunaan nya kini sudah menjadi miliaran kilogram per tahun. Daur ulang PolySyrene umumnya digunakan dalam pembuatan kemasan busa pelindung, isolasi, kaset video, mainan, dan produksi meja kantor.

7. Others

Tipe dan jenis plastik ini merupakan kategori dari semua jenis lainnya dari plastik. Tipe dan jenis plastik ini biasa digunakan sebagai galon air mineral dan beberapa juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk botol jus.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.