Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Bagi yang ingin membeli Apartemen, Ketahui dulu Biaya & Tipe-tipenya Berikut Ini!

Bagi yang ingin membeli Apartemen, Ketahui dulu Biaya & Tipe-tipenya Berikut Ini!

Urbanloka.com – Bagi Anda yang tertarik membeli apartement. Ketahui hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari biaya-biaya apa saja yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli apartemen Anda, pun tipe-tipenya. Simak lebih lengkapnya berikut ini!

Jangan lupakan perintilan biaya lainnya, seperti:

  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN) : Menurut peraturan pemerintah, hanya properti seharga di bawah Rp. 42 juta saja yang dibebaskan dari PPN. Jadi jika Anda membeli apartemen seharga Rp100 juta, Anda tetap akan dikenakan PPN 10 persen dari harga dan dibayarkan ke pihak pengembang gedung. Pembelian ini dapat dilakukan secara tunai maupun cicilan menggunakan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).
  • Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) : Pembeli wajib membayar BPHTB 5% dari nilai transaksi setelah dikurangi nilai jual obyek pajak tidak kena pajak (NJOPTKP). Dimana Anda akan terkena biaya 20% dari harga asli, aturan tersebut hanya berlaku buat Anda yang membeli langsung dari pihak pengembang.
  • Jangan lupakan juga biaya bulanan seperti listrik, air, keamanan dan parkir juga mesti diperhitungkan sejak awal.

Ada berbagai macam tipe apartemen tergantung luas dan bentuknya.

  • Tipe studio rata-rata memiliki ukuran ruangan mungil dan dilengkapi denah standar seperti ruang tengah, kamar tidur, dapur sederhana, dan kamar mandi. Bila dihitung, luas keseluruhannya sekitar 20 sampai 30 meter.
  • Alcove studio misalnya, tipe yang satu ini sangat mirip dengan tipe studio namun berbeda pada jumlah sekat. Ketika tipe studio hanya memiliki satu, alcove studio punya dua sekat sehingga menciptakan ruangan terpisah lainnya.
  • Ada pula tipe convertible studio yang bentuknya lebih luas dibandingkan dua jenis di atas. Setiap ruangan pada tipe convertible studio dipisahkan sekat-sekat, sehingga benar-benar memiliki fungsi yang berbeda.
  • Terlepas dari jenis-jenis studio, ada pula tipe yang hanya dilandaskan pada jumlah ruangan saja semisal apartemen satu kamar, dua kamar, tiga kamar, dan seterusnya.

Selain hal-hal diatas, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan secara cerdas saat memilih luas ukuran agar mendapatkan hunian yang sesuai dengan kocek Anda Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.