Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Baru Memulai Usaha? Ini Dia Beberapa Hal Tentang Bisnis Plan yang Perlu Anda Ketahui

Baru Memulai Usaha? Ini Dia Beberapa Hal Tentang Bisnis Plan yang Perlu Anda Ketahui

Urbanloka.com -Menyusun bisnis plan juga ada langkah-langkahnya, berikut adalah beberapa langkah menyusun bisnis plan untuk bisnis Anda.

 

PAHAMI BISNIS

Pahamilah keseluruhan mengenai potensi bisnis, bentuk bisnis dan hambatan yang ada dalam bisnis. Gunakan analisis SWOT dalam langkah ini sebagai langkah awal untuk membangun bisnis sesuai keinginan.

TENTUKAN TUJUAN & ARAH BISNIS

Buatlah tujuan dan arah bisnis sejelas mungkin sehingga lebih mudah dicapainya. Tujuan dan arah yang jelas maka pebisnis tidak akan kesulitan suatu saat dalam merancang langkah dari bisnis plan tersebut.

TENTUKAN SASARAN BISNIS

Dengan menentukan sasaranbisnis, pebisnis lebih mudah untuk menyesuaikan konten bisnis plan sehingga sesuai dengan kemauan klien maupun investor. Buatlah bisnis lan secara profesional.

Dalam bisnis plan, hal-hal yang perlu ditulis harus jelas, berikut penjelasannya.

RINGKASAN EKSEKUTIF

Ringkasan ini berisi tentang bisnis apa yang akan dibuat oleh pebisnis. Visi misi dan tujuan bisnis. Buatlah bisnis plan yang lebih persuasive atau menjual.

ANALISIS PASAR & MARKETING PLAN

Berisi bagaimana strategi Anda dalam melakukan analisis pasar sehingga Anda paham mengenai strategi marketing plan apa yang akan dijalankan sehingga perusahaan akan mendapat keuntungan.

ANALISIS PRODUKSI

Analisis produksi berisi penjelasan mengenai sistem operasional bisnis yang Anda jalankan. Misalya bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis travel, maka jelaskan dengan detail bagaimana cara Anda menyediakan tiket dan bagaimana pembeli membeli tiket dari Anda.

ANALISIS KEUANGAN

Berisi tentang proyeksi pendapatan dan pengeluaran, pengembanlian modal (break event point), pengembalian investasi (return on investment) dan juga perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lain sebagainya.

RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

Pemilik saham ataupun calon investor tentu akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat sehingga kecepatan berapa lama perusahaan kita berkembang dapat dilihat dari bisnis plan juga.

RESIKO USAHA

Risiko usaha termasuk risiko operasional pekerjaan yang dijalankan sehari-hari, risiko likuiditas atau lainnya.

Demikia tips, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.