Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Batang Pohon Sebagai Elemen Hunian, Mau? Ini Tips & Triknya

Batang Pohon Sebagai Elemen Hunian, Mau? Ini Tips & Triknya

Terpikir untuk menggunakan pohon dalam desain rumah kontemporer? Menyenangkan tentunya membayangkan integrasi keindahan alami dari batang dan cabang pohon dengan ruang-ruang di dalam rumah. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menjadikan pohon sebagai elemen dekorasi Urbaners


Manfaatkan segala kelebihan pohon yang sudah ada dengan optimal. Kekuatannya bisa juga mendukung struktur. Keunikan bentuk cabangnya bisa berfungsi sebagai keindahan interior. Warna cokelat alaminya akan menambah kehangatan ruang.

CERMATI KARAKTERISTIK POHON

Setiap jenis pohon memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang tahan perubahan musim dan selalu hijau. Ada juga yang akan meranggas di musim kemarau. Karakterisistik ini harus dipertimbangkan saat perancangan agar tidak menjadi kendala, tetapi menjadi elemen yang bersatu dengan ruang maupun struktur bangunan.

PERHITUNGKAN POSIS AKAR

Perencanaan bentuk dan perhitungan struktur bangunan harus memperhatikan letak akar agar terencana dengan baik; tidak merusak pohon sehingga akhirnya mati. Pertimbangan ini juga sebagai langkah pencegahan agar tidak menjadi kendala saat pembangunan.

CUKUPKAN KEBUTUHAN AIR

Setiap pohon memerlukan air untuk bertahan hidup dan tumbuh subur. Pusatkan aliran air dari atap dan lingkungan sekitar untuk mencukupi kebutuhannya. Jauhkan dari saluran buangan air limbah, terutama dari kamar mandi dan area cuci.

Carilah solusi terbaik untuk desain bangunan yang menyatu dengan alam, tetapi tetap berfokus pada kebutuhan penghuninya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.