Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Beberapa Pertanyaan Tentang Investasi Saham & Jawabannya yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Pertanyaan Tentang Investasi Saham & Jawabannya yang Perlu Anda Ketahui

Urbanloka.com – Kepemilikan investor asing pada saham-saham di Bursa Efek Indonesia memang lebih dominan daripada investor lokal. Keraguan ketika ingin berinvestasi saham di pasar modal bisa jadi diakibatkan oleh banyak hal. Risiko dan modal dana yang tinggi, juga butuh pengetahuan yang cukup adalah sedikit dari banyaknya alasan orang ragu untuk berinvestasi saham. Sebenarnya, bukan han,ya saham, investasi lain pun juga memiliki risiko dan butuh modal juga pengetahuan. Oleh karena itu, kenapa harus terlalu khawatir dengan investasi saham?

APA ITU PASAR MODAL

Pasar modal merupakan sarana di mana aktivitas jual beli saham dan surat berharga lainnya, baik yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan swasta, dilakukan. Kegiatan pasar modal sendiri harus dilakukan di sebuah bursa di mana para pialang berkumpul mewakili investor.

MENGAPA PERUSAHAAN MENERBITKAN SAHAM?

Dana selalu menjadi permasalahan bagi perusahaan ketika ingin mengembangkan usaha. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, perusahaan butuh sumber pendanaan baru dan itu bisa didapat ketika perusahaan sudah go public, atau menerbitkan saham untuk dijual. Selain, memperoleh sumber dana baru, dengan menerbitkan saham, perusahaan juga akan mendapat awareness dari media dan juga komunitas keuangan, sehingga citra perusahaan pun meningkat.

MANFAAT SAHAM

Investasi selalu jadi alasan utama seseorang membeli saham. Meski banyak orang masih ragu untuk melakukan ini, saham ternyata punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jenis investasi lainnya, lho. Salah satunya adalah mudah diperjualbelikan sehingga Anda tak perlu khawatir kalau ingin mencairkan asetmu tiba-tiba. Apalagi kini saham sudah dapat didapatkan secara online sehingga Anda dapat berinvestasi dimana dan kapan saja.

CARANYA MEMILIH SAHAM

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih saham adalah berapa bujet yang dimiliki juga kemampuan dan prospek kerja perusahaan ke depannya.  Rajinlah mencari informasi untuk mendapatkan saham yang tepat, sesuai bujet dengan prospk bagus kedepannya.

INDIKATOR SAHAM YANG PERLU ANDA KETAHUI

  • Earning Per Share (EPS): Rasio total pendapatan yang telah dibagi dengan total saham investor.
  • Price/ Earning Ration (P/E): Rasio yang Anda bayarkan per rupiah pendapatan perusahaan. Jika P/E saham di suatu perusahaan punya nilai yang tinggi, maka berarti prospek saham akan bagus ke depannya. Namun, sebaliknya, jika nilainya rendah maka ada 2 kemungkinan, perusahaan sedang dalam masalah, atau harganya yang terlalu tinggi.
  • Price/ Book Ratio (P/B): Indikator ini didapat dengan membagi harga saham dengan nilai book dari saham tersebut. Nilai book itu sendiri adalah nilai dari ekuitas dibagi dengan jumlah saham yang ada.

FAKTOR YANG PENGARUHI SAHAM

Ada ada dua faktor yang memengaruhi pergerakan harga saham, yaitu faktor fundamental dan teknikal. Yang dimaksud dengan faktor fundamental adalah ketika harga saham dipengaruhi oleh keadaan ekonomi dan industri, juga perusahaan terkait yang menerbitkan saham. Sementara itu faktor teknikal adalah situasi yang datang dari pasarnya, seperti pergerakan jumlah saham yang diperdagangkan.

KEUNTUNGAN SAHAM DI PASAR MODAL

Dalam investasi saham, akan ada 2 sumber keuntungan yang akan Anda dapatkan, yaitu dari capital gain dan dividen. Yang dimaksud dengan capital gain adalah keuntungan yang didapat dari selisih harga jual dengan harga beli saham yang Anda miliki. Sementara itu, dividen bisa didapat jika perusahaan yang telah dibeli sahamnya sedang mendapat keuntungan besar dan sebagai salah satu pemegang saham Anda kemudian mendapat bagian juga.

Demikian pertanyaan-pertanyaan tentang saham yang sebaiknya Anda ketahui. Yuk investasi saham dari sekarang!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.