Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Belajar Kopi, Kenali Berbagai Jenis-jenis Kopi Berikut Ini

Belajar Kopi, Kenali Berbagai Jenis-jenis Kopi Berikut Ini

Urbanloka.com – Beberapa orang sangat awam dengan varian kopi, namun jika Anda tertarik mengetahui perbedaannya. Berikut merupakan beberapa jenis minuman kopi yang sering kita temui di coffee shop, yang mungkin bisa membantumu dalam menentukan minuman kopi yang pas untuk Anda. Atau dapat menjadi wawasan Anda bagi yang baru saja mulai belajar kopi. Check it out!

ESPRESSO

Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan cara menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Istilah umum yang digunakan untuk takaran kopi adalah “shot”, dan 1 shot kira-kira sama dengan 7-8 gram kopi. Minuman espresso biasanya terdiri dari 1 shot kopi (disebut juga single shot), sedangkan doppio merupakan minuman yang terdiri dari 2 shot, dan triplo terdiri dari 3 shot kopi.

AMERICANO

Memiliki Komposisi: 1/3 espresso + 2/3 air panas. Pada awalnya minuman ini berasal dari tentara-tentara Amerika di Italia pada masa Perang Dunia I yang menganggap espresso ala Italia terlalu pahit. Akhirnya, single shot espresso ditambahkan dengan air panas dan terciptalah Americano. Rasa dari minuman ini tidak jauh berbeda dengan pure espresso, hanya saja teksturnya yang lebih encer.

LATTE

Komposisi: 1/4 espresso + 3/4 susu (steamed milk) + microfoam. Latte atau yang dikenal juga dengan istilah cafe latte merupakan minuman yang terdiri dari espresso, susu (steamed milk), dan sedikit lapisan microfoam. Microfoam atau yang bisa disebut dengan milk foam merupakan busa yang dihasilkan dari susu yang telah dipanaskan.

CAFFE MACCHIATO

Pada dasarnya minuman ini merupakan espresso yang ditambahkan dengan susu. Tapi ada dua macam macchiato, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.
Komposisi espresso macchiato: 4/5 espresso + 1/5 microfoam
Komposisi latte macchiato: 3/8 susu (steamed milk) + 1/8 espresso +1/2 microfoam

AFFOGATO

Komposisi: espresso + gelato. Affogato yang dalam bahasa Italia memiliki arti “tenggelam” ini merupakan minuman kopi yang diberi 1 scoop es krim vanilla. Cara terbaik penyajian minuman ini adalah dengan memasukkan es krim terlebih dahulu, kemudian espresso dituangkan di atasnya.

IRISH COFFEE

Komposisi: kopi + Irish whiskey + gula Minuman yang berasal dari Irlandia ini selain mengandung kopi, whiskey, gula (biasanya menggunakan brown sugar), biasanya juga disertai double cream. Namun kini ada banyak varian Irish coffee, ada pula yang menambahkan whipped cream sebagai topping.

CAPPUCINO

Komposisi: 1/3 espresso + 1/3 susu (steamed mik) + 1/3 microfoam. Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman kopi yang paling populer. Cappucinno memiliki komposisi dengan perbandingan yang sama antara kopi, susu, dan busa susu. Tekstur busa yang dihasilkan sedikit berbeda dengan latte. Cappuccino memiliki busa lebih banyak dan dengan teknik pembuatan yang benar maka busa yang dihasilkan akan terasa sangat lembut.

MOCHA

Komposisi: 1/3 espresso + 2/3 susu (steamed milk) + cokelat. Caffe mocha atau yang bisa disebut dengan mochaccino ini hampir mirip dengan latte dan cappuccino, tapi ditambahkan sirup ataupun bubuk cokelat. Di beberapa kedai kopi ada juga yang menambahkan topping whipped cream, dan minuman ini bisa disajikan hangat ataupun dingin.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.