Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Berbagai Furnitur Menarik dari Daur Ulang Sumpit ala Felix Böck

Berbagai Furnitur Menarik dari Daur Ulang Sumpit ala Felix Böck

Urbanloka.com – Sumpit memiliki sejarah panjang, sejak tahun 2100 SM ketika Da Yu, pendiri dinasti Xia, mencoba mencapai zona banjir bandang. Dengan tergesa-gesa, dia tidak ingin menunggu makanannya mendingin, dan mengadaptasi dua ranting untuk membantunya memakan makanannya dengan lebih cepat. Namun kini sumpit merupakan sampah bumi yang kian membludak jumlahnya. Yuk kita simak bagaimana seorang Felix Böck mengubahnya menjadi furnitur menarik berikut ini Urbaners!

Di China terdapat 80 miliar sumpit dibuang setiap tahunnya, padahal untuk membuatnya membutuhkan ratusan hektar hutan. Menanggapi hal ini, gerakan Bring Your Own Chopsticks (BYOC) yang mulai berkembang di tempat-tempat seperti Jepang, China dan Taiwan kemudian membersihkan dan mengubahnya menjadi aksesori dan perabotan rumah.

Pendiri Chopvalue, Felix Böck, adalah seorang mahasiswa doktoral di fakultas kehutanan University of British Columbia. Gagasan startup ini hadir saar ia mengamati bahawa di Vancouver ada lebih dari 100.000 pasang sumpit yang dibuang setiap harinya.

Untuk mengatasi masalah ini, Böck menginvestasikan beberapa tempat sampah daur ulang, dan mengajak restoran untuk membuat pelanggan mereka membuang sumpit bambu di tempat sampah daur ulang. Yang kemudian akan diolah kembali oleh Chopvalue, setelah sebelumnya dibawa ke laboratorium, dibersihkan, dilapisi resin dan kemudian ditekan dengan mesin untuk menghasilkan permukaan yang lebih datar.

Papan bambu tersebut kemudian dipotong dan disatukan menjadi berbagai barang lain, seperti rak, talenan, tatakan gelas dan bahkan berbagai furnitur lainnya.

Untuk menciptakan satu ubin heksagonal unik diatas 300 sumpit ditumbuk menjadi satu. Sejauh ini, sejak didirikan pada bulan Juli 2016, perusahaan telah mendaur ulang lebih dari 800.000 sumpit. Selain mendapat keuntungan dari bisnisnya, mereka juga berhasil mendaur ulang pembuangan limbah dan mengurangi efek global warming pada bumi.

Projek ini merupakan contoh terbaik tentang bagaimana satu gagasan kecil dapat membantu mengatasi sebagian dari masalah yang lebih besar. Lebih banyak tentang projek ini, klik disini Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.