Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cantiknya Instalasi Solar yang dirancang Tonkin Liu untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

Cantiknya Instalasi Solar yang dirancang Tonkin Liu untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

Urbanloka.com – Arsitektur Tonkin Liu baru saja selesai merancang instalasi  soalar alami yang memanfaatkan sinar matahari untuk menarik perhatian khalayak pada peristiwa bersejarah di Hull, Inggris. Diberinama Solar Gate, instalasi setinggi 10 meter dan terletak di pusat kota Hull ini berada persis di pintu masuk Queen’s Gardens.

Tonkin Liu, menang dari kompetisi yang diselenggarakan oleh dewan Hull untuk mendesain karya seni publik di daerah tersebut.

Tertarik dengan tema waktu, para arsitek melihat peristiwa penting dalam sejarah kota, ketika Raja Charles I ditolak masuk ke kota hingga tiga kali berturut-turut dalam satu hari, yaitu pada pukul 11 pagi, 5 sore, dan 6 sore, 23 April 1642 – momen ini kemudian dianggap sebagai pembuka Perang Saudara di Inggris.

Acara yang berlangsung di Beverly Gate Hull, ini mengajak para arsitek untuk membuat instalasi yang menyoroti berbagai poin penting dalam sejarah kota.

Seperti pada desain yang dihasilkan, dan dibangun oleh perakit logam Pearlgreen,merupakan struktur dua sisi yang terdiri dari lembaran baja tahan karat bergelombang yang menciptakan motif seperti berlian.

Ketika cahaya matahari meneranginya pada bukaan yang sejajar, ia akan jatuh pada cakram bundar di lantai yang dicetak dengan teks penggambarn peristiwa historis.

“16 tanggal yang dipilih dengan hati-hati, dengan penyelarasan matahari yang akan memicu percakapan tentang sejarah Hull serta masa depannya, setelah tahun yang penting sebagai UK City of Culture,”ungkap Alex Woolgar, rekan Tonkin Liu.

Membuat Gerbang Matahari tampak ringan, para arsitek menggunakan teknik yang disebut struktur kerangka cangkang yang telah mereka kembangkan bersama para insinyur Arup sejak tahun 2009. Menggemakan penggunaan bentuk cangkang moluska, dengan bagian luar yang melengkung dan bergerigi

Pada malamnya, Gerbang Matahari diterangi oleh penerangan di permukaan tanah yang telah ditambahkan ke sisi dalam dan luar instalasi, memberi instalasi berbagai tingkat transparansi.

Mengacu pada masa lalu Hull di bidang maritim, para arsitek memutuskan bahwa pemasangannya dicat putih semprot mengacu pada layar kapal.

Gerbang Tenaga Surya Tonkin Liu didirikan pada musim panas tahun lalu, bertepatan dengan status Hull sebagai City of Culture 2017. Beberapa praktik lain menciptakan instalasi untuk menandai acara khusus – duo arsitektur Pezo von Ellrichshausen mendirikan 16 kamar outdoor yang menggabungkan ilusi optik, sementara Jason Bruges Studio menciptakan 20 robot yang berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.