Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cara Memasak tanpa Bahan Bakar dengan Bantuan Tenaga Surya

Cara Memasak tanpa Bahan Bakar dengan Bantuan Tenaga Surya

Urbanloka.com – Tenaga surya yang kemudian dimanfaatkan sebagai energi panas langsung oleh Gosol, sebuah startup teknologi yang menjanjikan tenaga surya, sebagai sumber energi utama dalam kehidupan sehari-hari. Terkenal dengan aplikasi solar photovoltaic (PV), yang dapat menghasilkan listrik rendah karbon untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis serupa.

Sumber Foto: GoSol

Sumber Foto: GoSol

Di negara berkembang, solar digunakan untuk penerangan dan pengisian berbagai perangkat mobile. Sementara Teknologi surya yang dapat dijangkau oleh warga berpenghasilan rendah digunakan untuk mengisi berbagai kebutuhan energi (seperti sebagai sumber cahaya dan menggantikan peran minyak tanah).

Tuntutan lain kebutuhan energi adalah menghasilkan panas untuk memasak dan memfilter air bersih, pada umumnya menggunakan tenaga listrik (dengan risiko pemadaman rutin dan biaya tinggi) atau kayu (yang memberikan kontribusi untuk deforestasi dan polusi udara dalam ruangan), tapi ternyata terdapat solusi alternatif dalam bentuk teknologi panas matahari. Menggunakan sinar matahari secara langsung, tanpa perlu komponen yang mahal dan kompleks, menjadi teknologi tepat guna bahkan di negara-negara Adidaya.

“Dengan GoSol.org kita dapat menggunakan energi secara gratis, tanpa polusi udara atau penggunaan bahan bakar. “Menggunakan energi matahari secara langsung sebagai pembangkit listrik yang menawarkan berbagai manfaat, mulai dari lebih mudah dalam membangun sistem dari bahan lokal yang tersedia, dan menjadikannya sebagai bahan bakar gratis bagi kehidupan manusia. Energi alami ini juga secara otomatis akan mengurangi polusi udara dan bahayanya bagi kesehatan.

Sumber Foto: GoSol

Sumber Foto: GoSol

Gosol kemudian menunjukkan beberapa proyek percontohan lainnya, satu diantaranya adalah roti tenaga surya dan bisnis selai kacang di Kenya, yang tak hanya membuatnya lebih berhemat namun juga membuat rasa selai kacang lebih nikmat tanpa rasa pahit akibat asap hasil pemanggangan arang. Baca Juga: G-Pod: Solusi Rumah Fleksibel yang Bisa Anda Bawa Berpergian

The Gosol Sol4 menggunakan 4 meter persegi cermin untuk menghasilkan panas matahari dengan kekuatan 2 kW (kurang lebih sama dengan kompor gas standar) dengan biaya antara $350 dan $500 USD, yang pada negara berkembang biaya ini dapat dicicil selama satu tahun. Tertarik bergabung dengan organisasi Gosol, dan menggalakan penggunaan tenaga surya ini Urbaners?

Sumber: dari berbagai Sumber

Submit a Comment