Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cara Terbaiknya Tata Kamar untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Cara Terbaiknya Tata Kamar untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Urbanloka.com – Anak berkebutuhan khusus memiliki pendekatan yang berbeda dalam penataan ruang atau kamar yang sering dihuninya. Perhatikan kiatnya menata kamar bagi anak berkebutuhan khusus berikut ini Urbaners. Apa sajakah itu? Check it out!

HIPERAKTIF – IMPLUSIF AGRESIF

Keamanan sebagai faktor utama yang perlu diperhatikan dalam mendesain kamar anak berkebutuhan khusus, karenanya pastikan memilih bahan dan model tempat tidur dan perabot yang tidak membahayakan anak. Lindungi lantai dengan pelapis tebal atau empuk, pasang pelindung di sudut furnitur serta pengaman laci agar anak tidak mudah menarik laci hingga terlepas, pilih lemari yang cukup berat sehingga tidak mudah jatuh atau roboh jika terdorong atau dipanjat. Jangan meletakkan barang-barang yang mudah jatuh atau mudah pecah, dan simpan mainan pada tempat tertutup yang aman.

SIAPKAN AREA LUAS

Jika memungkinkan, sediakan area yang cukup luas agar anak leluasa bergerak. Lengkapi kamar atau area bermain anak dengan fasilitas trampolin, guling tinju, atau mainan lompat tali agar anak dapat menyalurkan kelebihan energinya.

WARNA PASTEL

Gunakan warna-warna pastel yang lembut dan memberikan efek menenangkan, seperti biru muda, hijau muda, ungu muda. Warna-warna ini aman digunakan hingga anak bertumbuh dewasa urbaners. Gunakan motif polos atau pilih motif yang tidak terlalu ramai dan hanya gunakan sebagai aksen agar kamar tidak terkesan penuh serta tidak membangkitkan dorongan anak untuk terus bergerak.

GANGGUAN KONSENTRASI

Anak yang mudah terdistraksi perhatiannya. Buatlah kamar yang simpel dan rapi. Simpan mainan dan buku-bukunya di dalam tempat penyimpanan tertutup, gunakan wallpaper polos atau pilih motif yang sederhana dan tidak terlalu ramai/ mencolok. Demikian juga pemilihan warna dan motif karpet, alas kasur, selimut dan sarung bantal gulingnya.

NEGATIVITAS TINGGI

Anak yang masuk kategori ini mudah menolak atau membangkang. Karenanya Libatkan si kecil dalam menataa kamar yang ia inginkan. Batasi pilihannya dengan 1 – 3 pilihan yang sebelumnya telah ditentukan oleh orang tua, misalnya, “Mau meja belajar warna biru atau merah.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.