Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Caranya Ajukan Kredit Kepemilikan Apartemen Bagi Freelancer

Caranya Ajukan Kredit Kepemilikan Apartemen Bagi Freelancer

Urbanloka.com – Kini membeli rumah bagi para freelance menjadi sangat kungkin. Meskipun persyaratannya lebih sulit, namun sekarang pemerintah memberikan bantuan melalui Tapera. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyiapkan skema Bantuan Pembiayaan Berdasarkan Tabungan untuk pekerja freelance.

Skema bantuan pembiayaan dilakukan berdasarkan tabungan, para pekerja freelance diharuskan untuk menabung terlebih dahulu selama 6 sampai 12 bulan. Sesudah menabung dengan jangka waktu yang ditetapkan, para pekerja freelance berhak mendapatkan bantuan pembiayaan untuk perumahan.

Bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah adalah sebesar 20 persen berupa uang muka untuk perumahan dan sisanya dibayar oleh pekerja informal dengan suku bunga komersil. Berikut beberapa tips lainnya yang akan memudahkan Anda mengambil KPR Freelancer.

TABUNG 30%

Apabila diasumsikan Anda berpenghasilan Rp 4 hingga Rp 5 juta per bulan, setidaknya uang yang harus ditabung mencapai 30% dari pendapatan minimal per bulan. Sehingga, dalam waktu dua tahun kamu akan memiliki tabungan sebesar Rp 36 juta.

SISIHKAN UANG

Ketika membeli rumah banyak biaya lain yang harus disiapkan seperti biaya notaris, balik nama kepemilikan rumah dan biaya administrasi lainnya, maka pintar-pintar lah untuk menabung dari sisa penghasilan. Setidaknya alokasikan 10% penghasilan bulanan untuk biaya lain-lain. Dengan cara ini, dalam kurun waktu dua tahun kamu akan memiliki uang Rp 12 juta yang bisa digunakan untuk membayar biaya-biaya tersebut.

ALTERNATIF KPR

Selain KPR Bank Anda bisa membeli rumah dengan kredit langsung ke pihak developer atau biasa disebut sistem kredit in house dimana pembeli langsung berutang kepada developer.

PROMO KREDIT

Terkadang sejumlah bank melakukan promosi kredit dengan memberikan tenor atau jangka waktu kredit hingga 15 tahun. Pastikan angsuran rumahnya murah agar bisa sesuai dengan pendapatan yang kamu peroleh setiap bulan. Kesesuaian ini penting agar bank dapat menyetujui permohonan KPR yang kamu ajukan.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.