Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Caranya Mengurangi Sampah Plastik Makanan dimulai dari Diri Sendiri

Caranya Mengurangi Sampah Plastik Makanan dimulai dari Diri Sendiri

Urbanloka.com – Tahukah Anda Urbaners, Menurut Data dari Economist Intelligence Unit (EIU) setiap orang Indonesia bisa menghasilkan sampah makanan hingga 300 kg per tahun. Angka ini tentunya cukup memperihatinkan jika mengingat teman-teman kita diluar sana yang kesusahan makan setiap harinya.

Perlu diketahui juga Urbaners, Indonesia sebagai nomor dua penghasil sampah makanan terbanyak di dunia setelah Saudi Arabia. Dalam data tersebut dijelaskan bahwa pola konsumsi makanan masyarakat yang buruk membuat produksi sampah makanan semakin meningkat per tahunnya. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya Urbaners!

BELI BAHAN MAKANAN SESUAI KEBUTUHAN

Buatlah daftar yang akan Anda beli sebelum pergi berbelanja, sehingga Anda hanya akan membeli aneka makanan segar sesuai dengan kebutuhan, khususnya untuk sayur dan buah. Jangan sampai bahan makanan ini berujung busuk sebelum dihabiskan Urbaners

MAKAN BUAH DAN KULITNYA

Kurangi sampah kulit buah dengan memakan buah beserta kulitnya Urbaners. Misalnya seperti buah apel dan buah pir cukup dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Sehingga tidak ada sisa sampah kulit yang kita buat.

MANFAATKAN MENJADI PUPUK KOMPOS

Manfaatkan sayur dan buah menjadi bahan pupuk kompos. Sampah organik ini bisa di daur ulang atau olah kembali jadi kompos untuk menyuburkan tanah. Dengan cara ini kita sudah bisa mengurangi penumpukan sampah makanan.

ATUR PENYIMPANAN MAKANAN DENGAN BAIK

Atur dan tata semua bahan makanan dengan lebih rapi di kulkas. Misal, letakkan bahan makanan yang sekiranya tahan lebih lama di bagian belakang, sedangkan yang mudah busuk dan harus segera digunakan di bagian depan. Jangan mencampur buah atau sayur busuk ke bahan makanan yang lain. Ada baiknya setiap plastik atau wadah pembungkus diberi label pembelian supaya kita bisa menggunakannya sebelum terlewat masa baiknya.

Saatnya belanja lebih bijak dan memanfaatkan bahan makanan sesuai kebutuhan untuk mengurangi sampah makanan Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.