Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cari Tahu Sudah Idealkah Porsi Makan Anda dalam Satu Hari Urbaners?

Cari Tahu Sudah Idealkah Porsi Makan Anda dalam Satu Hari Urbaners?

Urbanloka.com – Tahukah Anda, tak hanya jenis makanan tapi Anda juga mesti memahami porsi makan yang seimbang untuk dapat mempertahankan berat badan yang ideal. Lalu bagaimana dengan porsi makan Anda selama ini? Apakah sudah cukup atau justru kelebihan/kekurangan? Cari tahu jawabannya sekarang!

PORSI MAKAN SEHARI

Berapa banyak seharusnya porsi makan yang cukup bagi tiap orang pasti berbeda-beda. Ini tergantung kebutuhan kalori Anda per hari dan kebiasaan makan Anda. Hitung kebutuhan kalori harian Anda dengan rumus Broca:

Berat Badan Ideal = (tinggi badan – 100) – 10% (untuk pria < 160 cm dan wanita < 150 cm, tidak dikurangi 10% lagi).

Setelah didapat berat badan ideal, hitung kalori dasar anda per hari, bagi laki-laki 30 kal per kilogram berat badan ideal, sedangkan wanita 25 kal per kilogram berat badan ideal.

JIKA DARI SEGI PORSI, MAKA BAGI MAKANAN ANDA DALAM SEHARI KE

SAYUR DAN BUAH

Konsumsi sayur dan buah setidaknya lima porsi per hari (dikombinasikan). Satu porsi sayur biasanya disebutkan dalam satuan gelas. Di mana, satu gelas kira-kira adalah sebanyak 100 gram. Sedangkan, satu porsi buah biasanya disebutkan dalam satuan buah atau potong, misal 1 porsi apel adalah sebanyak 1 buah atau 1 porsi melon adalah sebanyak 1 potong.

KARBOHIDRAT

Konsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti nasi, mie, roti, dan kentang, sebanyak 3-4 porsi. Satu porsi nasi adalah sebanyak 100 gram atau 1 centong nasi. Satu porsi mie adalah 200 gram, satu porsi roti adalah 3 iris, dan satu porsi kentang adalah 2 buah sedang.

PROTEIN

Konsumsi makanan sumber protein hewani (seperti ayam, daging, telur, dan ikan) dan sumber protein nabati (seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe) sebanyak 2-4 porsi (dikombinasikan). Usahakan untuk setidaknya makan ikan 2-3 porsi per minggu.

Bagaimana mengetahui apakah porsi makan Anda sudah cukup?

Pastikan asupan makanan Anda tidak melebihi kalori yang dibutuhkan tubuh, Anda juga harus mengontrol porsi makanan ringan, selain makanan utama. Gunakan aplikasi yang akan memudahkan Anda menghitung kalori haria yang sudah masuk ke tubuh, misalny Fatsecret. Demikian info, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.