Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cek 6 Tandanya Hunian Anda Tidak Sehat Ini Urbaners!

Cek 6 Tandanya Hunian Anda Tidak Sehat Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Rumah yang sehat membawa pengaruh baik terhadap para penghuninya, sebaliknya rumah yang tak sehat juga berpotensi membawa pengaruh negatif hingga mengganggu kesehatan Anda. Karenanya mari cek apa hunian Anda masuk ke dalam kategori sehat atau tidak dengan mengecek beberapa tandanya berikut ini Urbaners.

TERLAMPAU LEMBAP

Memasuki musim hujan, rumah bisa menjadi terlalu lembab karena cuaca. Kelembapan berlebihan, dapat menyebabkan jamur tumbuh subur yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. Perhatikan juga sudut-sudut ruang atau langit-langit di seluruh ruang rumah. Sebab, jamur ini selain merusak pemandangan, juga menyebabkan masalah pernafasan, bersin-bersin, batuk, hingga iritasi mata dan kulit.

PENGAP

Rumah yang pengap dapat menjadi tanda rumah tidak sehat. Keadaan rumah yang pengap dan beraroma tidak sedap bisa disebabkan banyak faktor, misalnya udara di rumah yang terlalu lembab, adanya kebocoran saluran air yang lama tidak diperbaiki, atau masalah lainnya. Berbagai barang yang bertumpuk begitu saja di sudut-sudut ruang juga berperan dalam menciptakan suasana pengap dalam rumah.

VENTILASI KOTOR

Ventilasi membawa banyak debu dari udara. Ketika menyalakan AC, kipas angin, atau pemanas ruangan; partikel debu yang menempel pada ventilasi tersebut akan tersebar kedalam rumah. Oleh sebabnya periksa semua ventilasi udara yang ada di rumah secara berkala. Segera bersihkan jika terlihat kotor. Akan lebih baik jika Anda membersihkannya setiap hari.

SISTEM VENTILASI BURUK

Selain ventilasi yang kotor, sistem ventilasi yang buruk juga merupakan salah satu penyebab rumah yang tidak sehat. Udara, serta cahaya matahari merupakan dua unsur penting dan utama dalam menciptakan rumah yang sehat dan hidup.

MINIM VENTILASI KAMAR MANDI

Kamar mandi merupakan tempat yang rentan mengalami kondisi lembab yang terlalu. Tidak hanya menyebabkan cat di dinding menjadi cepat rusak, juga menyebabkan jamur tumbuh subur di langit-langit ataupun tembok kamar mandi. Ventilasi kamar mandi yang minim bisa menyebabkan kamar mandi terlalu lembab dan berjamur.

BANYAK DEBU

Debu akan selalu datang ke rumah setiap hari, apalagi jika rumah tidak dibersihkan dengan baik. Debu yang menumpuk bisa menyebabkan rumah tidak sehat. Partikel-partikel berbahaya rentan bersembunyi diantara debu-debu yang tersebar dalam rumah. Sebaiknya bersihkan seluruh debu yang menempel di area rumah, baik di lantai, meja, lemari, jendela, kusen pintu, juga ventilasi udara.

SALURAN AIR BERMASALAH

Selain kamar mandi, saluran air juga rentan lembab. Jika saluran air bermasalah, misalnya tersumbat atau bahkan bocor akan mengakibatkan munculnya air berlebih disekitar saluran air.

Demikian info, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.