Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Cek Kesegaran Bahan Makanan, Intip Langkah Mudahnya!

Cek Kesegaran Bahan Makanan, Intip Langkah Mudahnya!

Urbanloka.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa segar bahan makanan yang Anda beli, jika ya berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda lakukan dalam mengecek seberapa segar bahan makanan tersebut Urbaners. Check it out!

ALPUKAT

Bagaimana cara mengetahui tingkat kematangan alpukat saat membelinya? Tekan alpukat secara perlahan. Alpukat yang sudah matang, seharusnya Dagingnya agak melesak saat ditekan, namun tidak lembek berlebihan. Sementara dari segi warna, pilih warna hijau, cokelat, dan agak kasar.

SELADA

Ada beragam selada, mulai dari iceberg, romaine, hingga arugula mungkin agak membingungkan, namun ada satu cara efektif untuk mengetahuinya. Pastikan kepala selada (tangkai penyatu di bagian bawah selada) warnanya jernih, dan selada segar seharusnya mengeluarkan suara “kress” saat dipotong atau dicabut dari batangnya.

LEMON

Lemon yang segar pilih yang berbentuk lebih bulat dibanding yang lonjong. Pilih juga lemon dengan warna kuning terang yang memiliki lebih banyak vitamin C. Jika lemon terasa lembek, dan semburat warna hijau mulai terlihat, artinya lemon sudah tak layak konsumsi.

DAGING AYAM

Daging ayam segar warnanya lebih ke pink muda dan saat dipegang, teksturnya kencang dan tidak lembek. Jika warna ayam sudah agak keabu-abuan atau transparan, kemungkinan daging ayam sudah tidak segar lagi.

DAGING SAPI

Pastikan warna daging merah terang, dan tidak ada titik-titik biru di permukaan. Selain itu, adanya myoglobin (genangan merah yang keluar dari daging) juga merupakan indikator kesegaran daging merah.

IKAN

Tingkat kesegaran ikan akan sangat berpengaruh pada rasanya saat dimasak. Cara ketahui kesegaran ikan cukup mudah dilihat dari luar. Mata ikan yang terlihat jernih, sisik yang masih mengkilat, dan bau lautan atau rumput laut yang keluar dari ikan adalah indikator besar kesegaran ikan. Jika insang ikan sudah licin atau berwarna abu-abu artinya ikan sudah tidak segar.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.