Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ciptakan Hunian yang Nyaman untuk Lansia dengan Lima Cara Ini Urbaners!

Ciptakan Hunian yang Nyaman untuk Lansia dengan Lima Cara Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Mungkin bagi kita yang masih sehat tak akan kesulitan dalam beraktivitas, namun bagi para orang tua yang sudah lanjut usia (lansia), aktivitas simpel sehari-hari bisa jadi sangat sulit  dan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kondisi fisik akibat usia lanjut yang terus menurun. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memudahkan aktivitas sehari-hari mereka Urbaners.

PENCAHAYAAN CUKUP

Tidak hanya bagian tangga, semua ruangan di dalam rumah sebaiknya juga memiliki pencahayaan yang mencukupi. Dengan begini, para penghuni rumah akan terhindar dari terbentur ataupun terjatuh. Jangan lupa pula untuk memberikan pencahayaan pada koridor.

MUDAH DIGENGGAM

Lansia umumnya agak kesulitan dengan misalnya gagang pintu, hal ini dikarenakan kekuatan genggaman tangan mereka yang sudah melemah. Apalagi bagi para lansia yang menderita artritis. So, carilah Gagang pintu berbentuk tuas merupakan pilihan terbaik untuk mereka Urbaners. Demikian pula keran air. Keran dengan pembuka berbentuk tuas akan lebih memudahkan ketimbang yang berbentuk bulat.

LANTAI NYAMAN DAN AMAN

Gunakan materi lantai yang kesat dan tidak licin untuk mencegah lansia terpeleset dan terjatuh Urbaners. Terlebih untuk area kamar mandi. Keramik yang licin akan sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan fatal. Selain itu, minimalkan juga pembatas-pembatas ruangan yang dapat menyebabkan lansia tersandung. Rumah dengan level lantai yang sama di seluruh ruangan tentu akan sangat membantu bagi para orang tua.

TANGGA  YANG AMAN

Jika rumah Anda terdiri dari dua lantai, berikan perhatian ekstra pada area tangga Urbaners. Baiknya lengkapi tangga dengan pegangan di kedua sisinya. Lengkapi juga tangga dengan pencahayaan yang baik Urbaners. Akan lebih baik pula jika tepian anak tangga dibuat terlihat jelas sehingga memudahkan orang tua mengambil langkah. Misalnya, dengan memberikan garis aksen pada bagian tepi masing-masing anak tangga ini.

KAMAR MANDI YANG BAIK

Kamar mandi boleh jadi tempat yang paling “berbahaya” bagi para lansia. Kendati lantai sudah dilapisi dengan material bertekstur yang mengurangi licin, kemungkinan untuk terpeleset dan terjatuh tetap besar. Oleh karena itu, ada baiknya memasang pegangan, terutama di dekat kloset, pancuran, dan bak berendam (bath tub).

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment