Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ciptakan Ruang Hijau dengan Area Terbuka Pada Hunian ala S house

Ciptakan Ruang Hijau dengan Area Terbuka Pada Hunian ala S house

Urbanloka.com –  Merupakan hasil rancangan dari Simple Projects Architecture. Rumah di Surabaya ini memiliki luas 295 meter persegi, rumah yang memanjang ke belakang ini didesain dengan baik,  diberi nama rumah ‘S’, S diambiil dari kata ‘start’ inisendiri merupakan makna konsep rumah yang menunjukkan pengalaman arsitek saat proses desain dan konstruksi.

Rumah ini Mencakup aspek kenyamanan, efisiensi, praktikal, dan tentu saja menarik untuk dipandang secara visual. Desain dari rumah S menjadikannya lebih menonjol dibandingkan dengan desain rumah lainnya.

‘Small’ kedua yang berarti kecil menjadi tantangan dan pengalaman menarik sang arsitek dalam mendesain rumah, dengan ukuran 10m x 19m, sang arsitek mendesain hunian dengan memprioritaskan kenyamanan dan kualitas setiap ruang. Desain pun harus sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Disinilah peran arsitek untuk mendesain rumah yang lengkap dengan ruang yang dibutuhkan namun juga memiliki ukuran ruang yang efisien untuk beraktivitas.

Rumah dua lantai ini memiliki dua zona ruang yaitu zona public pada lantai dasar dan zona privat di lantai keduanya. Seperti rumah pada umumnya di lantai dasar ini difungsikan untuk ruang seperti ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi dan juga kamar tidur tamu. Di rumah yang terbilang tertutup ini, mereka pun tetap memanfaatkan beberapa lahan untuk area terbuka.

Lalu pada lantai duanya terdapat satu kamar tidur utama, dua kamar tidur anak dan satu kamar tidur asisten rumah tangga. Tentunya kamar asisten rumah tangga ini hanya dapat diakses dari area servis lantai satu menggunakan tangga melingkarnya.

Rumah ini memiliki desain ruang yang terbuka di beberapa bagiannya. Adapun pada jarak antar lantai dan dindingnya didesain tinggi sehingga ruangan terasa lebih lapang. Bukaan jendela yang besar membuat sirkulasi udara dan cahaya masuk dengan baik ke dalam rumah yang diapit rumah lainnya di ketiga sisinya. Penggunaan warna-warna terang seperti warna putih juga membantu untuk membuat rumah terasa lebih luas.

Lahan yang terbatas tentunya tidak menjadi hambatan untuk memiliki area terbuka hijau di dalam rumah. Taman yang berada di dalam area rumah akan memberikan kesejukan dan juga kenyamanan. Uniknya lagi dalam mendesain, sang arsitek juga memikirkan lahan eksisting area tersebut. Pohon yang tumbuh di area tersebut ikut menjadi bagian dalam perancangan rumah.

Tujuh kata yang mewakili rumah ‘S’ ini yaitu, start, small, simple, soul, stripes, struggle, dan special menjadikan rumah ini punya makna tersendiri. Proses dari desain dan juga konstruksinya membuat rumah ini lebih berkesan mengingat betapa kerasnya usaha dalam pembangunan rumah. Terlepas dari itu, rumah ini memang sangat menarik dan menonjol dibandingkan rumah lain disekitarnya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.