Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Clay House, Rumah Unik Kontrainer Rancangan Budi Pradono di Bukit Lombok

Clay House, Rumah Unik Kontrainer Rancangan Budi Pradono di Bukit Lombok

Urbanloka.com – Budi Pradono salah satu Arsitek Indonesia ini memang terkenal dengan berbagai macam karyanya yang unik dan menarik. Seperti salah satu hunian rancangannya di Lombok. Memiliki keunikan yaitu adanya kotak kontainer di atas bangunannya. Tidak hanya sekedar kotak, namun juga dimiringkan sehingga terlihat tidak wajar dan unik.

Diberi nama Clay House ini berada di perbukitan Selong Belanak yang berada di area pinggiran pantai belahan selatan NTB. Rumah yang menghadap ke laut ini tentunya akan menjadi bangunan ikonik untuk lingkungan sekitarnya, apalagi kemegahannya yang bahkan terlihat kejauhan.

Rumah ini memiliki dua massa bangunan. Keunikan rumah terlihat pada salah satu massa bangunan yang memiliki kotak container sebagai penghias eksteriornya.

Lantai satu pada massa dengan eksterior difungsikan sebagai ruang tamu, dapur, dan ruang makan. Pada sisi panjangnya terdapat kolam renang yang memanjang dan tidak lebar terbentang di bagian belakang.

Sedangkan lantai duanya digunakan untuk kamar tidur. Pada bagian tertinggi massa ini, kotak container setinggi 2,2 meter diletakkan miring sebesar 60 derajat untuk memberikan langit-langit ruangan yang tinggi. Tidak hanya itu saja, namun juga terdapat jendela besar dengan pintu yang terhubung ke area teras ruang kamar.

Clay house memiliki pewarnaan yang memberi kesan natural dan hangat pada interiornya. Sedangkan pada bagian eksterior di cat putih sehingga dapat meminimalkan panas yang berlebihan dan merefleksikan cahaya matahari. Material yang digunakan untuk dinding rumah ini adalah tanah liat. Tanah ini dikumpulkan di sekitar site berjarak 20 kilometer yang kemudian diolah oleh para pengrajin. Pengolahan tanah ini tentunya dicampur dengan pasir, semen, jerami dan kotoran sapi.

Suasana hangat di dalam rumah tercipta dengan adanya ekspos material seperti kayu dan juga ubin batu. Terasa sekali kesan natural pada rumah ini sehingga menjadikan pemilik rumah akrab dengan suasana alam. Namun tidak hanya interior saja yang terdesain dengan baik.

Akan tetapi area outdoor rumah ini juga terdesain dengan sangat cantik dan natural. Tertarik mengaplikasikannya pada hunian Anda Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.