Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Diet Penggunaan Air untuk Dunia yang Lebih Baik

Diet Penggunaan Air untuk Dunia yang Lebih Baik

Urbanloka.com – Tidak ada sumber daya yang lebih berharga daripada air. Kurang dari 1 persen jumlah air di Bumi yang dapat dikonsumsi makhluk hidup. Jumlah sumber daya alam yang terbatas ini pun kian tertekan oleh pertumbuhan jumlah penduduk dan industri di dunia. Kekurangan air adalah salah satu bencana lingkungan utama yang diprediksi akan naik pada frekuensi dan tingkat keparahan, karena iklim yang terus menghangat beberapa dekade mendatang. Nah, berikut ini adalah beberapa kita menghemat air untuk duni yang lebih baik Urbaners!

Cc BY 2.0 Tom’s River by Emilydickinsonridesabmx/Flickr

Mengurangi Siraman

 

Cara pertama untuk bisa melakukan penghematan air adalah dengan mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air, seperti mencuci kendaraan. Gunakan selang bertekanan sebagai solusinya. Dengan menggunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer), maka diyakini hal ini akan mampu menghemat hingga 80 persen penggunaan air.

Selain itu bagi yang gemar bercocok tanam, FYI menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Disarankan menanam di musim hujan karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

Selain itu Minimalkan penggunaan siraman pada toilet duduk. Tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi. Gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda yang saat ini banyak di pasaran.

Matikan keran ketika mencuci tangan dan menyikat gigi

Batasi penggunaan air dengan gelas atau gayung, hal ini dapat menghemat 11 liter air per hari.

Bijaksana dalam mencuci pakaian

Cucilah pakaian saat tumpukan baju cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin. Menggunakan mesin cuci yang hemat air dapat menghemat 11.400-34.000 liter air per tahun.

 

 

Memperbaiki Kebocoran

Saluran air dirumah Anda mungkin saja terhubung dengan pipa pipa penyaluran. Nah pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak Anda sangka-sangka. Maka dari itu untuk melakukan penghematan air Anda perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut.

 

Gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air

Bagi Anda yang memang sangat sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, Anda bisa menerapkan solusi mandi dengan shower. Dengan shower maka penggunaan air bisa dihemat semaksimal mungkin. FYI, Mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air. Mandi dengan pancuran bisa menghemat air lebih dari 60 persen.

 

 

 

Point of Use Pemanas Air

Komponen berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penghematan air adalah “point of use” pemanas air. Dengan adanya pemanas kecil ini maka air panas bisa langsung Anda peroleh dan Anda gunakan tanpa harus membuang air sambil menunggunya hangat. Dari adanya permintaan air panas yang cukup besar saat ini, maka pemanas air ini mampu menjadi solusi berhemat. Selain menjadi solusi berhemat, pemanas air ini akan cukup menguntungkan Anda karena tidak perlu memerlukan ruang yang besar untuk penyimpanannya.

 

 

 

 

 

Panen Air Hujan Anda

Letakkan barel hujan di downspouts Anda dan menggunakan air ini untuk irigasi. tangki air hujan datang dalam segala bentuk dan ukuran mulai dari sistem bawah tanah yang lebih besar untuk yang lebih kecil, yang berdiri bebas. Beberapa bahkan bersinar!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.