Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Diminished House: Inspirasi Hunian Asri ala Wahana Architects

Diminished House: Inspirasi Hunian Asri ala Wahana Architects

Urbanloka.com – Setelah bekerja di luar negeri untuk waktu yang lama, dan kembali ke Jakarta. Kliennya ingin mencari rumah untuk menetap, ia kemudian menggambarkan keinginannya untuk memiliki hunian dengan ukuran yang cukup besar serta asri.

Setelah melalui cukup banyak diskusi, arsitek akhirnya memutuskan perancangan dan renovasi rumah harus melestarikan beberapa struktur dari rumah sebelumnya. Karena terbatasnya ruang hunian, menyebabkan perlunya penciptaan ruang terbuka pada beberaapa sudut hunian ini. Selain struktur sebelumnya, pohon-pohon besar di depan dan belakang rumah juga sengaja di rawat dengan baik.

Ukuran rumah kemudian berubah dari 900m2 menjadi 550m2. Struktur dari rumah sebelumnya yang diperbaharui adalah kamar anak, ruang tamu, garasi dan area servis. Sementara itu ruang keluarga dan kamar tidur utama telah didesain ulang dengan lokasi dan pertimbangan bahwa ruangan tersebut memiliki pemandangan ke ruang-ruang hijau yang asri.

Sebuah koridor terbuka telah diciptakan untuk menghubungkan struktur sebelumnya dan mewakili urutan ruang mulai dari pintu masuk ke area kolam. Pemandangan yang dirancang untuk memenuhi impian pemilik rumah ini dapat dirasakan oleh kehadiran masing-masing hunian.

Kamar utamanya sengaja dirancang dengan tampilan terbuka dan transparan sehingga aliran udara dan latar belakang pemandangan juga struktur kamar yang terdiri dari bahan alami memberi kesan bahwa ruangan dan alam saling berhubungan.

Bahan alami lokal seperti batu andesit, dan kayu juga dikombinasikan sebagai pelapis dinding interior serta eksteriornya, yang diproses secara spesifik sebagai pelengkap elemen arsitektur yang atraktif. Berikut dibawah ini detail interiornya dari berbagai sudut Urbaners.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.