Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Filosofi Membersihkan Rumah di Jelang Hari Raya Imlek

Filosofi Membersihkan Rumah di Jelang Hari Raya Imlek

Urbanloka.com – Layaknya menyambut tahun yang baru, Imlek diartikan sebagai upacara penyambutan berkah yang baru. Salah satu tradisi penyambutan Imlek umumnya diisi dengan aktivitas membersihkan dan mendandani rumah. Ritual membersihkan rumah dalam menyambut imlek dipercaya akan membantu memperlancar rezeki. Menyapu bersih rumah artinya membersihkan rumah dari nasib buruk di penghujung tahun, dan menyambut nasib baik penuh keberuntungan di tahun yang baru. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam membersihkan rumah menjelang Imlek.

Sumber Foto: media cache

 

Pewangi Ruangan

Jangan lupa juga untuk membuat ruangan Anda di rumah menjadi wangi, jangan sampai tamu yang berkunjung harus merasa tidak nyaman karena bau tidak sedap di rumah Anda. Wangi pinus, cemara dan jeruk dapat membuat ruangan di rumah Anda lebih segar.

Declutter untuk Pengaliran Energi Positif

Selain bersih, pastikan juga declutter isi rumah Anda, agar semakin tampak luas. Rumah yang bersih dan terdapat area yang luas dipercaya dapat menjadi tempat semakin leluasanya mengalir energi positif dalam rumah. Rapikan rumah Anda hingga ke setiap sudutnya.

Membuang Keburukan Tahun Lalu

Ritual membersihkan rumah dalam menyambut imlek biasanya dilakukan beberapa hari sebelum perayaannya. Hal ini dimaksudkan untuk menyingkirkan nasib buruk yang menumpuk di tahun sebelumnya. Namun, kegiatan bersih-bersih ini baiknya tidak dilakukan saat Imlek berlangsung, karena bisa jadi kegiatan itu dapat menyapu keberuntungan yang datang.

Sumber Foto: laurel bernn

Membersihkan Rumah Simbol Menyelesaikan Segala Urusan

Ritual membersihkan rumah juga menjadi simbol bahwa tidak hanya rumah Anda yang harus dibersihkan tapi juga urusan-urusan Anda yang lainnya. Misalnya, membereskan hutang, menyelesaikan permasalahan dengan teman, dan lain sebagainya. Ritual membersihkan tempat tinggal berarti Anda siap memulai segala urusan dengan langkah baru yang segar.

Jangan lupakan Hal Kecil

Dalam membersihkan seluruh bagian rumah, seperti lantai, jendela, dan pintu, sebaiknya Anda dan keluarga tidak melupakan detail-detail kecil, seperti misalnya rak, bagian atas lemari, kolong tempat tidur dan karpet di rumah. Tidak hanya rumah yang perlu Anda perhatikan, yang perlu diutamakan adalah kebersihan peralatan makan.

Jika Anda tidak mampu membersihkan sendiri rumah Anda, ada baiknya Anda menyewa tenaga profesional untuk melakukannya Urbaners. Semangat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment