Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Gaya Kontemporer Unik Khas China di Chaoyang Park Plaza

Gaya Kontemporer Unik Khas China di Chaoyang Park Plaza

Urbanloka.com – Berpendapat mengenai arsitektur perkotaan cina secara keseluruhan, Ma Yansong mengatakan bahwa dibanding mengikuti arsitektur bangunan barat, kota-kota di China seharusnya menerapkan gaya arsitektur tradisional. Ma juga berpendapat, bahwa filosofi bangunan tradisional dapat membantu negara ini mengembangkan gaya kontemporer yang unik dan khas China.

Ma, yang memimpin perusahaan arsitektur Beijing MAD, mengatakan bahwa tingkat perkembangan di China telah begitu cepat sehingga tidak memungkinkan sebenarnya menerapkan gaya arsitektur baru. “Dengan kecepatan ini akhirnya tidak memungkinkan siapapun untuk berpikir terlalu banyak dan langsung saja mengambil inspirasi dari arsitektur modern”

“Itulah sebabnya banyak kota di Cina masih mencontoh gaya bangunan negara lain”. Namun tidak begitu pada MAD’s Chaoyang Park Plaza.

Chaoyang Park Plaza, yang akan selesai tahun ini, berkiblat pada formasi batuan yang sering diterapkan dalam seni tradisional Tiongkok. Proyeknya yang akan selesai tahun ini adalah kompleks gedung pencakar langit, blok kantor dan ruang publik seluas 120.000 meter persegi yang terletak di kawasan pusat bisnis Beijing.

Ma mengklaim bahwa Chaoyang Park Plaza menunjukkan bagaimana arsitektur modern dapat membawa budaya tradisional ke masa kini dengan cara yang baru.  “Daripada membangun batas antara kota dan taman, saya mencoba merancangnya agar lebih dekat dengan alam”

Chaoyang Park Plaza dirancang untuk menghubungkan kembali para masyarakat Beijing dengan alam sekitarnya, menerapkan teori “Kota Shanshui” Ma, sebuah pendekatan terhadap arsitektur berskala besar yang dimaksudkan untuk memikirkan kembali bagaimana kota dan penghuninya dapat lebih dekat dengan alam sekitarnya. Lebih detail mengenai wawancara dengan Ma pada video dibawah ini Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.