Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Gedung Bertingkat Dari Kayu Resmi Dibuka!

Gedung Bertingkat Dari Kayu Resmi Dibuka!

Urbanloka.com – Sepertinya baru kemarin gedung berkonstruksi kayu Acton Ostry untuk University of British Columbia ini dibangun, namun kini struktur bangunan telah selesai, delapan belas lantai yang materi pembangunannya terbuat dari kayu tersebut telah diresmikan. Dengan durasi pembangunan yang lebih cepat dari seharusnya menurut UBC, hanya dalam waktu 66 hari saja.

Sumber Foto: Acton Ostry Architects

Sumber Foto: Acton Ostry Architects

John Metras, direktur UBC mengkofirmasi hal ini. “Pembangunan memang selesai lebih cepat dari jadwal yang seharusnya. Panel laminasi lantai kayu telah rampung pemasangannya pada 9 Agustus lalu, sementara kolom laminasi lem telah selesai pada 12 Agustus, “ungkap Metras.

Sementara dalam hal konstruksi bangunan, sebagian besar kekhawatiran berhubungan dengan keselamatan; apakah kayu yang dirumuskan dalam banyak beton tersbebut kuat menahan kosntruksi bangunan?

Sumber Foto: Koby Michaels UBC

Sumber Foto: Koby Michaels UBC

Namun Acton kemudian menjelaskan “Apa Anda pernah mengamati sebuah kebakaran hutan? Api selalu akan membakar lapisan pertama pada kayu, namun kemudian berhenti. Karena dalam kedalaman lapisan arang, oksigen tidak dapat masuk ke dalam kayu yang memicu proses pembakaran terjadi”. Bangunan ini dinilai tahan terhadap api, dengan kosntruksi yang mumpuni.

Apalagi ternyata banyak juga keuntungan nyata konstruksi penggunaan kayu pada zona rawan gempa; Karena gedung pencakar langit ini memiliki struktural yang lebih berat serta alternatif beton yang memberikan disipasi energi lebih baik, sehingga lebih teruji kekuataanya terhadap bencana alam tersebut.

Sumber Foto: Timber tower under construction

Sumber Foto: Timber tower under construction

Dan tentu saja TreeHugger menyukainya karena kayu adalah sumber daya terbarukan, yang menyimpan banyak karbon dioksida. Di gedung ini, menurut Hermann Kaufmann, “karbon yang tersimpan dalam struktur kayu massa, ditambah dihindari emisi gas rumah kaca, menghasilkan total perkiraan kandungan karbon 2.563 ton CO2.”  Penasaran seperti apa konstruksi terupdate dari pembangunan Urbaners? klik disini 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment