Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Buat Sendiri Gorengan yang Sehat & Renyah dengan Cara Ini

Buat Sendiri Gorengan yang Sehat & Renyah dengan Cara Ini

Urbanloka.com – Kata siapa gorengan selalu tidak sehat? Siasati caranya, untuk membuat gorengan lebih sehat dan renyah, nikmat dihidangkan untuk camilan, dan menu pendamping makanan berat lainnya. Berikut ini tipsnya Urbaners.

Gorengan yang tidak sehat, kerap menggunakan minyak yang sama berkali-kali. Karenanya Selalu gunakan minyak yang bagus dan berkualitas untuk membuat gorengan. Agar supaya hasilnya bagus dan enak. Selain itu Ketika menggoreng gorengan, sebaiknya dalam minyak banyak dan terendam, agar matang sempurna hingga bagian dalam-dalamnya juga.

BAKWAN

Membuat bakwan, pilih selalu tepung dengan kandungan protein yang rendah, agar hasilnya tidak alot dan keras. Caranya buatlah dulu adonan tepung yang di campur bumbu dan air, aduk hingga rata, kemudian masukkan sayuran isi bakwannya, aduk sampai rata, ingat jangan terlalu kuat mengaduknya untuk hasil yang lembut dan tak alot.

Sementara Untuk bakwan jagung, gunakan jagung manis agar bakwannya lebih enak. Sebagian jagung di pipil dan sebagian lagi di haluskan kasar agar rasa jagungnya bisa lebih menonjol dan teksture jagung lebih terasa Urbaners.

PISANG GORENG

Membuat pisang goreng, adonan harus pas kekentalannya. Jangan terlalu kental atau terlalu encer. Jika terlalu encer, maka hasil pisang goreng akan berminyak. Jangan menambahkan gula terlalu banyak ke adonan kulit pisang goreng. Jika terlalu banyak akan cepat gosong pisang gorengnya.

TEMPE MENDOAN

Gunakan tempe papan agar lebih mudah di potong tipis-tipis. Adonan tempe mendoan akan lebih enak jika di tambah daun bawang atau kucai. Agar lebih krispi hasil tempe mendoanya bisa di tambah sedikit tepung beras atau tepung tapioka di adonan pencelupnya.

Untuk tahu isi, adonan kulitnya harus encer. Bisa juga ditambahkan tepung beras agar saat goreng akan renyah dan tidak bermiyak kulit tahu isinya. Gunakan tahu pong yang berkantung agar bisa di isi dengan bahan isian lebih banyak.

TIPS:

  • Untuk gorengan yang lebih gurih, lebih baik gunakan kaldu bubuk daripada MSG. Kaldu bubuk bisa ayam atau sapi. Kaldu bubuk beda lho dengan MSG rasanya jika di buat campuran adonan gorengan. Bisa menggunakan Kaldu bubuk Alsultan karena di buat dari daging ayam atau sapi yang di ektrak jadi bubuk, di tambah rempah-rempah khas Indonesia
  • Jika ingin menghangatkan gorengan, jangan di goreng lagi pakai minyak. Cukup di panaskan saja di teflon anti lengket tanpa minyak atau bisa juga panaskan saja di microwave sebentar.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.