Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hal-hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta

Hal-hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta

Urbanloka.com – Apartemen sebagai alternatif hunian baru di kota-kota besar seperti Jakarta. Sebagai solusi atas masalah keterbatasan lahan dan harga rumah yang terus melonjak setiap tahunnya. Apartemen sendiri memiliki lokasi yang rata-rata strategis, harga jual tidak semahal rumah. Nah bagi Anda yang berencana untuk membeli apartemen Jakarta, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli apartemen di Jakarta.

CEK DULU PENGEMBANGANNYA

Berhati-hati pada pengembang bodong. Banyak kasus mereka yang sudah bayar DP, tapi unitnya tidak jadi-jadi. Jika Anda membeli unit baru, ada baiknya untuk mengecek profil dan track record dari pengembang apartemen. Periksa proyek apa saja yang telah mereka kerjakan sampai bagaimana hubungannya dengan para customer. Cek juga surat-surat perizinan mereka sebagai pengembang.

PILIH LOKASI.

Pilihlah lokasi yang tepat, tak harus berada di tengah kota, tetapi yang terpenting adalah aksesnya mudah dijangkau dengan transportasi umum. Tentunya, pemilihan lokasi apartemen Jakarta harus disesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

PERHATIKAN SURAT-SURAT

Perhatikan surat-suratnya, mulai dari sertifikat hak guna bangunan (HGB), jika Anda membeli bekas perhatikan Akta Jual Belinya. Surat-surat ini akan memastikan bahwa apartemen yang Anda miliki legal dan sah.

PAHAMI PERATURAN APARTEMEN

Pastikan peraturan hunian sesuai dengan Anda. Misalnya saja pahami aturan dasar, misalnya ada beberapa apartemen yang tidak mengizinkan penghuninya memelihara hewan, Padahal Anda memelihara kucing atau anjing.

PERHATIKAN FASILITAS

Apartemen Jakarta biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tapi cek-cek lebih lanjut lagi sebelum membelinya. Fasilitas yang harus ada misalnya tempat beribadah, tempat berkumpul, sampai sarana perbelanjaan. Fasilitas lahan parkir juga tak kalah penting, pastikan lahan parkir luas dan muat untuk seluruh penghuni.

CEK BANGUNAN

Terakhir cek kondisi bangunannya. Pastikan juga bangunan tahan gempa dan menggunakan material yang berkualitas. Jika Anda ingin membeli unit bekas, jangan lupa perhatikan apakah perawatannya sangat baik atau tidak.

Sekian info, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.