Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Antisipasi Bencana Alam Gempa

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Antisipasi Bencana Alam Gempa

Urbanloka.com – Gempa lombok tentunya membawa kekhawatiran tersendiri bagi diri kita, selalu lindungi diri Anda dengan antisipasi terbaik menghadapi bencana alam gempa dengan cara ini Urbaners.

AIR

adalah barang yang wajib ada pada keadaan seperti apapun. Situs persiapan bencana pemerintah Amerika Serikat, misalnya, menyarankan warganya untuk menyediakan satu galon atau sekitar 3,7 liter air sebagai persiapan menghadapi bencana. Anak-anak dan ibu menyusui adalah pihak yang paling membutuhkan banyak air. Bahkan mungkin lebih dari jumlah tersebut. Jumlah tersebut terdengar sangat banyak, tapi air tak hanya untuk minum melainkan untuk banyak hal. Seperti sanitasi, masak dan pertolongan pertama. Kita bisa bertahan tanpa makanan untuk beberapa saat, tapi akan susah untuk bertahan lama dengan air bersih.

MAKANAN

Beberapa makanan kaleng dan kemasan bisa menjadi stok untuk persiapan menghadapi bencana. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa dan mengganti cadangan makanan ketika kondisinya sudah memburuk. Selain itu, jangan lupa menyertakan peralatan makanan yang diperlukan serta pembuka kaleng.

KOTAK P3K

Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) juga perlu dibawah dalam kondisi darurat seperti bencana alam. Selain peralatan umum seperti plester dan alkohol, usahakan pula menyimpan obat-obatan penting atau kacamata. Sama seperti makanan, pastikan selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa obat dan menggantinya ketika sudah memburuk.

CHARGER

Pengisi daya alias charger ponsel menjadi hal yang sangat penting. Ponsel akan sangat dibutuhkan untuk mengabari keluarga dan kerabat ketika bencana terjadi. Akan lebih baik jika kita juga menyediakan portable charger atau charger tenaga matahari untuk situasi darurat.

TISU

Benda kecil ini perlu pula kita siapkan untuk keadaan darurat. Tisu memiliki banyak manfaat dan bisa kita gunakan dalam segala kondisi. Selain lima barang penting tersebut, kita juga perlu menyiapkan salinan dokumen penting. Namun, dokumen penting tersebut tak berarti harus membawa dokumen asli melainkan bisa berupa salinan. Caranya, scan dokumen-dokumen penting yang kita punya dan simpan salinannya dalam flash disk atau email. Beberapa dokumen penting yang dimaksud, misalnya lisensi mengemudi, sertifikat tempat tinggal, asuransi, paspor, kartu keamanan, akta kelahiran, kartu keluarga, dokumen kesehatan, rekam medis, dan rekam medis hewan peliharaan (jika ada).

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.