Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Haruskah Anda Mencabut Peralatan dari Stop Kontak Untuk Menghemat Listrik?

Haruskah Anda Mencabut Peralatan dari Stop Kontak Untuk Menghemat Listrik?

Urbanloka.com – Tahukah Anda tetang “Vampir energi” – peralatan elektronik yang menyedot daya dalam jumlah kecil selama 24/7, bahkan ketika kita tidak menggunakannya. Maka apakah perlu mencabut perangkat listrik untuk menghemat daya. Apakah benar mencabut daya dapat menghemat listrik?

Perlu Anda ketahui, biaya energi dari peralatan yang dipasang akan benar-benar menambah tagihan Anda. Lalu Berapa banyak uang yang dapat Anda hemat ketika Anda mencabut peralatan? Lawrence Berkeley National Laboratory dari Departemen Energi memperkirakan bahwa sebuah alat yang secara konstan menarik satu watt listrik dapat berharga hingga $ 1 per tahun, dan karena banyak vampir energi menggunakan lebih banyak listrik dari itu, biaya tahunan dapat menambahkan rata-rata hingga $ 100 hingga $ 200 rumah. Itu sebanding dengan tagihan sebulan penuh di beberapa rumah tangga.

Jika Anda ingin tahu tentang seberapa banyak listrik yang digunakan oleh peralatan dan elektronik Anda ketika mereka tidak melakukan apa-apa, Anda dapat menggunakan monitor listrik genggam. Colokkan salah satu perangkat ini ke stopkontak, lalu colokkan setiap alat ke dalamnya satu per satu dengan alat dimatikan. Tampilan digital akan menunjukkan kepada Anda berapa watt yang Anda gunakan, dan Anda dapat menghitung total untuk melihat berapa banyak listrik yang dapat Anda hemat dengan menjaganya tetap tidak terhubung.

Strip daya modern menawarkan berbagai fitur yang membuat menghemat uang lebih mudah. Beberapa memiliki timer bawaan yang memungkinkan Anda untuk memotong daya sesuai dengan jadwal Anda, dan yang lain memiliki beberapa outlet “selalu menyala” sehingga Anda dapat “mencabut” sebagian besar elektronik Anda sambil meninggalkan beberapa hal penting dalam mode siaga. Strip daya paling canggih memiliki teknologi pintar sehingga Anda dapat mengontrolnya dari mana saja menggunakan ponsel cerdas atau tablet Anda.

Peralatan elektronik yang dalam posisi standby, misalnya televisi atau perangkat audio, itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup. Waktu standby itu dia masih menyedot listrik, sekitar 80% dari daya listrik normalnya. Sebaiknya cabut perangkat jika tak digunakan Jika repot cabut-mencabut colokan, gunakan terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga ketika selesai menonton televisi tinggal ditekan saja.

Colokan lain yang masih memakan listrik ketika tidak dicabut adalah perangkat pengisi daya telepon selular (ponsel) alias charger. Sampai saat ini masih banyak orang yang membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengisi daya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.