Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hemat Budget, Ini Caranya Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Rumah

Hemat Budget, Ini Caranya Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Rumah

Urbanloka.com – Memiliki rencana untuk mengecat dinding rumah Urbaners? Selain memperhatikan pemilihan warna cat yang tepat, budgeting atau penganggaran sangatlah perlu dilakukan supaya dapat menghindarkan pemborosan. Berikut ini tipsnya menghitung kebutuhan cat dinding rumah Anda. Check these out!

HITUNG LUAS RUANGAN

Hitung luas ruangan agar dapat berpengaruh pada jumlah cat yang akan Anda beli serta mengetahui waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Coba  luangkan waktu untuk menghitung luas ruangan.

HITUNG KEBUTUHAN CAT

Penggunaan rumus ini bertujuan untuk mengetahui jumlah cat yang Anda butuhkan, bagi luas dinding dengan luas 1 liter. Sementara standar pemakaian cat sebanyak 10-12 m2 per liter untuk setiap lapisan. Sebagai contoh, jika dinding ruangan memiliki tinggi 3 m dengan luas ruangan 3 x 4 m. Maka, kebutuhan cat yang diperlukan adalah (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m/ (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 liter.

HITUNG CAT BAGIAN LUAR RUMAH

Untuk menghitung kebutuhan cat dinding luar rumah, Anda harus mengetahui ukuran tinggi dan lebar dari dinding luar yang akan dicat tersebut. Setelah itu, tambahkan luas tembok yang akan di cat dengan luas plafon, luas pintu, dan luas jendela. Kemudian, bagi dengan daya sebar cat yang biasanya tercantum pada label kemasan cat.

JUMLAH PEMBELIAN CAT

Langkah terakhir menghitung kebutuhan cat ialah menentukan jumlah pembelian cat. Setelah mengetahui berapa banyak jumlah cat yang diperlukan, optimalkan jumlah cat yang Anda beli di toko material. Silahkan lakukan penyesuaikan jumlah cat yang diperlukan dengan ketersediaan ukuran cat yang ada di pasaran sehingga penggunaannya semakin optimal.

Dalam proses pengecatan, pelarutan cat yang biasanya memerlukan tambahan air bersih sebanyak lima hingga 25% dari jumlah cat. Terkadang proses pengecatan juga memerlukan lebih dari satu kali lapisan untuk hasil yang maksimal. Selain itu, perhatikan juga cara mengecat dinding yang benar agar tidak banyak cat yang terbuang, demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.