Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hunian Pertama, Mana yang Lebih Baik : Rumah Baru/Bekas

Hunian Pertama, Mana yang Lebih Baik : Rumah Baru/Bekas

Urbanloka.com – Bingung membeli rumah pertama mana yang lebih baik, hunian modern kluster dengan KPR, atau rumah bekas yang siap huni hanya tinggal sentuhan sedikit renovasi Urbaners? Ini jawabannya.

Sesungguhnya semua bergantung pada gaya hidup dan kemampuan finansial Anda Urbaners. Apalagi pada hunian pertama. Pada rumah second hanya butuh waktu dan tenaga untuk merenovasi rumah, dengan lokasi yang strategis, sementara rumah bergaya baru umumnya jauh dari pust kota. Tapi berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang perbandingan rumah baru dan lama Urbaners. Check it out!

FLEKSIBILITAS RUANG

Pada umumnya untuk perumahan baru dilengkapi dengan instalasi pemasangan kabel bawah tanah yang membuat lingkungan rumah menjadi lebih teratur. Berbeda lagi dengan rumah seken yang rata-rata masih melakukan instalasi kabel diluar. Begitupun dengan penataan rumah seken yang desainnya rata-rata masih rumah ala 90an. Sedangkan diperumahan baru kamu masih bisa melakukan perubahan desain sampai dengan jaminan perbaikan hingga rumah selesai Urbaners

HEMAT ENERGI

Anda perduli dengan gerakan ramah lingkungan dengan menghemat listrik hingga kebersihan lingkungan rumah Urbaners? Hunian di diperumahan baru adalah pilihan yang tepat. Umumnya beberapa developer memiliki material yang ramah lingkungan seperti atap baja ringan, frame jendela alumunium, batu bata atau fabrikasi batu bata sampai dengan warna cat cerah untuk memantulkan sinar matahari. Namun berbeda dengan rumah seken, dengan spesifikasi bangunan yang sudah lama telah jauh berbeda Urbaners. Perumahan baru kini kerap mengusung tema green living dengan beragam instalasi eco-green. Mulai dari filtrasi udara, smarthome, penampungan air hujan, sampai dengan reverse osmosis yang menyaring air.

BIAYA PENGGANTIAN

Perumahan baru tentunya dilengkapi dengan material bangunan yang serba baru mulai dari atap, jendela, pintu dan lain-lain. Untuk perabot yang lainnya juga Anda akan mendapatkan barang-barang dengan kualitas garansi hingga 10 tahun mendatang, namu jika kamu membeli rumah seken material bangunan tentu sudah berumur cukup lama dan membutuhkan pergantian dalam jangka waktu dekat. Dengan hal seperti ini tentunya kamu harus punya budget yang lebih untuk memperbaiki rumah Urbaners.

JANGKA PANJANG

Hitung pengeluaran jangka panjang Urbaners, Jika Anda memilih membeli rumah baru dengan system KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, jangan lupa untuk pikirkan soal biaya cicilan rumah dalam jangka waktu yang relative panjang kira-kira sampai 25 tahun Urbaners.

Namun jika kamu berniat membeli rumah baru sebagai asset investasi tentunya rumah tersebut akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding rumah second Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment