Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hyperloop: Kereta Super Cepat Nyaris Setara Kecepatan Suara

Hyperloop: Kereta Super Cepat Nyaris Setara Kecepatan Suara

Urbanloka.com – Selama festival desain 2017 di london, konsultan desain terkemuka, priestmangoode. Kapsul penumpang HTT yang akan diproduksi menggunakan Vibranium™, bahan eksklusif yang dikembangkan oleh HTT sendiri memastikan keamanan penumpang.

HTT memproduksi kapsul yang bekerja sama dengan carbures S.A., yang merupakan ahli terkemuka dalam konstruksi pesawat dan bahan maju baik di bidang aeronautika maupun di luar angkasa. Carbures S.A. memulai pembangunan kapsul penumpang HTT pada awal tahun ini.

‘Hyperloop adalah salah satu perkembangan transportasi yang paling menarik dalam satu abad terakhir. Berpotensi mengubah cara kita melakukan perjalanan melintasi negara dan dapat menghubungkan dunia.’ jelas paul priestman.

Bergerak nyaris setara dengan kecepatan suara. Musk menggagas kereta hyperloop sebagai alat transportasi yang bergerak dalam sebuah tabung panjang. Penumpang diangkut dengan kapsul-kapsul yang masing-masing bermuatan 28 orang. Jalur kereta hyperloop sendiri merupakan jalur layang, dan dibangun di atas pilar beton.

Hyperloop tidak hanya menggunakan prinsip elektromagnet seperti kereta peluru maglev tetapi juga mengadopsi prinsip termodinamika dan dinamika fluida. Secara umum, ada 4 hal penting yang membuat hyperloop mampu bergerak cepat.

Pertama, hyperloop digerakkan oleh dua motor elektromagnetik. Dengan ini, hyperloop diharapkan bisa mencapai kecepatan hingga 1.200 km/jam. Kedua pada kipas angin raksasa dan kompresor. Komponen penting ketiga adalah air bearing. Pada dasarnya, air bearing adalah bantalan sepanjang 1,5 meter yang digunakan untuk menciptakan udara bertekanan rendah.

Air bearing akan membantu kapsul bergerak melayang, persis seperti interaksi magnet dengan kutub yang sama pada kereta cepat shinkansen. Hal penting keempat adalah jalur kereta hyperloop. Musk mengungkapkan, hyperloop sebaiknya bergerak di jalur layang. Jalur itu dibangun di atas pilar mirip jembatan layang. Masing-masing pilar menampung satu tabung. Nantinya, satu sama lain akan dihubungkan.

Setiap pilar dirancang sedemikian sehingga bisa tahan terhadap goncangan gempa sekaligus bisa menahan beban yang bergerak cepat. Bagian atas tabung lintasan hyperloop sendiri dilengkapi panel surya yang membangkitkan energi hingga 57 MegaWatt per tahun.

Dengan konsep Musk itu, hyperloop menjadi transportasi yang bukan hanya cepat tetapi juga relatif tak terganggu gempa dan cuaca. Tantangannya membangun membangun jalur yang sesuai standar sehingga benar-benar bisa tahan gempa.

 

Yang unik dari kereta hyperloop, pengembangannya dilakukan secara terbuka. Dengan merilis gagasannya, Musk sekaligus mengajak siapa pun untuk mewujudkan teknologi itu menjadi nyata. Dan memang, hingga kini sudah ada beberapa perusahaan yang mengembangkan. Berikut detail spesifikasi hyperloop Urbaners.

  • Panjang: 30 meter (98,5 kaki)
  • Diameter: 2,7 meter (9 kaki)
  • Berat: 20 ton
  • Kapasitas penumpang: 28-40
  • Kecepatan: sampai 1223 km / jam (760 mph)

Lebih detail pada video dibawah ini Urbaners.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.