Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ide Interior Modernis Unik yang Ramah Lingkungan

Ide Interior Modernis Unik yang Ramah Lingkungan

Urbanloka.com – Salah satu masalah utama pada arsitektur dengan konsep modernis adalah pada konsep bangunannya yang telah menggantikan metode tradisional. Hunian jenis ini umumnya telah melakukan berbagai penyesuaian iklim, penggunaan materi bahan industri yang karbon-intensif, dan bentuk-bentuk rumah yang umumnya diluar kebiasaan. Berikut dibawah ini mungkin dapat menjadi inspirasi Anda Urbaners. Check it out!

Sumber Foto: Gori Salvà

Dengan mengintegrasikan realitas lokal dari iklim, budaya serta bahan-bahan alami yang tersedia. arsitek Ekuador Luis Velasco Roldan dan Ángel Hevia Antuna membangun sebuah rumah minimalis dengan memperhitungkan teknik bangunan tradisional terbaikidi wilayah ini, dengan menggunakan bahan-bahan yang bersumber pada bahan lokal serta bantuan alam dan tenaga surya dalam memanas atau mendinginkan ruang.

Sumber Foto: Gori Salvà

Tujuannya adalah untuk membuat hunian yang hemat energi. Bangunan yang didominasi kayu dari segi eksterior dan interiornya ini juga memanfaatkan bahan-bahan lokal yang melimpah.

Dengan luas hanya 524 kaki persegi, arsitek bahkan menjadikan pohon yang tumbuh tepat ditengah ruang sebagai bagian dari interior.

Sumber Foto: Gori Salvà

Sementara pada kiri dan kanannya dikelilingi oleh kaca geser besar, membebaskan penghuninya untuk menikmati alam sekitar, sambil bersantai, makan siang, atau bekerja sekalipun.

Sumber Foto: Gori Salvà

Terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang makan dan kantor. Ada banyak pencahayaan alami, yang dipadu dengan penggunaan bahan hangat (Ekuador laurel untuk cladding eksterior dan kayu eucalyptus untuk framing) menciptakan suasana yang sangat bersih dan nyaman.

Sumber Foto: Gori Salvà

Sumber Foto: Gori Salvà

Sumber Foto: Gori Salvà

Kamar tidur indah, menampilkan sudut kaca dan atap transparan yang berfungsi sebagai sudut membaca dan solarium. Jendela geser juga dapat dibuka tutup dengan sangat leluasa.

Sumber Foto: Gori Salvà

Sumber Foto: Gori Salvà

Salah satu aspek yang paling menarik dari hunian ini adalah arsitek menggunakan batu apung untuk isolasi kantong udara yang berperan sekaligus sebagai pengatur suhu. Penggunaan bahan ini juga memungkinkan suhu interior dapat bertahan di 20-21° C (68 sampai 70 °F) sepanjang tahun, bahkan ketika udara di luar tengah sedingin 12 °C (53° F). Selain sebagai materi dibawah hunian, batu apung juga digunakan sebagai bagian dari atap hijau yang berguna sebagai lapisan drainase.

Sumber Foto: Gori Salvà

Uniknya lagi rumah ini dibangun untuk dapat dengan mudah dibongkar, dan berpindah sesuai berbagai iklim di Ekuador. Sebagai prototipe rumah mini, hunian ini menunjukkan, estetika modernis tidak harus selalu mengikuti pola bangunan pada umumnya. Berikut dibawah ini adalah rancangan detail huniannya Urbaners.

Sumber Foto: Gori Salvà

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.