Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ide Tanaman Bonsai untuk Ruang Apartemen yang Lebih Hijau

Ide Tanaman Bonsai untuk Ruang Apartemen yang Lebih Hijau

Urbanloka.com – Tinggal di apartemen, dimana pemandangan sekitar sangat flat dengan bangunan-bangunan tinggi. Sejukan pandangan Anda melalui penggunaan tanaman hijau, sebab tanaman sendiri dipercaya dapat menghadirkan suasana yang lebih tenang dan menyegarkan. Berikut ini beberapa tanaman bonsai yang dapat menjadi pilihan Urbaners. Check these out!

BONSAI BOUGAINVILLIEA GLABRA

Bonsai Bougenvillia Glabra atau biasa kita kenal dengan kembang kertas adalah tanaman asli dari Amerika Selatan. Bunga yang termasuk dalam keluarga Nyctaginaceae ini dapat tumbuh hingga 5 meter. Bunganya sendiri terdiri dari kelopak bunga yang tipis berwarna merah, merah muda, ungu, oranye. Dibentuk mulai dari proses pencangkokan dan pembentukan batang dengan lilitan kawat. Letakkan bonsai di balkon apartemen atau area lain yang terkena sinar matahari. Perawatan sehari-hari juga tidak sulit Urbaners, sebab bonsai ini tidak memerlukan banyak air, dan pupuk rendah nitrogen sebulan sekali.

BONSAI MAPLE JEPANG

Jenis bonsai maple atau Acer palmatum adalah tanaman asli dari Jepang. Bonsai cantik dengan bagian kulit dan batang bonsai berwarna hijau atau merah dan menjadi abu-abu saat sudah tua. Namun jika ditanam di Indonesia biasanya hanya mengeluarkan warna hijau karena pengaruh iklim di Indonesia. Cocok diletakkan di apartemen karena tampilan batang dan daun yang indah. Selain itu hanya perlu diletakkan di tempat yang cukup terang agar daun tidak rusak. Sempatkan juga menyiramnya setiap hari karena bonsai ini tidak tahan kering Urbaners.

BONSAI BERINGIN

Bonsai beringin juga dapat menjadi pilihan, batangnya dapat dibentuk dengan kawat stainless steel hingga terbentuk pola yang indah. Pemangkasan daun perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga agar daun tumbuh subur. Selain itu bonsai ini juga membutuhkan pupuk khusus bonsai yang mengandung nitrogen, kalium dan fosfor. Kelebihan bonsai ini bisa diletakkan dimana saja, baik untuk area yang terkena sinar matahari atau tidak. Bonsai ini juga tidak membutuhkan air terlalu banyak sehingga cukup disiram air satu minggu sekali saja. Semakin tua umur bonsai beringin biasanya bentuk dan warna batangnya semakin menarik.

BONSAI ANGGUR BRAZIL

Unik, buah dari bonsai ini dapat kita konsumsi, yaitu Bonsai anggur Brazil. Daunnya juga unik sebab tumbuh merambat. Batang bonsai anggur biasanya dibentuk dalam waktu yang cukup lama karena batang menyerap nutrisi dari tanah dalam pot bonsai. Jika memilih bonsai anggur Brazil maka pastikan media tanah cukup gembur, kaya dengan fosfor dan lembab. Hanya perlu disiram seminggu sekali. Sebaiknya bonsai anggur di letakkan di bagian apartemen yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Dengan begitu proses fotosintesis bonsai cukup cepat dan bisa berbuah.

BONSAI SATSUKI AZALEA

Bonsai Satsuki Azalea, unik dari bonsai ini adalah untuk memunculkan bunganya batangnya bisa dipangkas terus menerus. Selain itu dalam satu batang bonsai bisa mengeluarkan aneka warna bunga seperti merah muda, ungu cerah dan kuning. Letakkan bonsai ini ditempat teduh. Selain itu juga sangat menyukai suhu rendah dari mesin pendingin atau AC. Untuk menjaga bonsai tumbuh subur maka cukup diberi pupuk rhododendron cair yang disemprotkan.

Demikian review, semoga bermanfaat urbaners. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.