Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ide Tanaman Bonsai untuk Ruang Apartemen yang Lebih Hijau (2)

Ide Tanaman Bonsai untuk Ruang Apartemen yang Lebih Hijau (2)

Urbanloka.com – Tinggal di apartemen, dimana pemandangan sekitar sangat flat dengan bangunan-bangunan tinggi. Sejukan pandangan Anda melalui penggunaan tanaman hijau, sebab tanaman sendiri dipercaya dapat menghadirkan suasana yang lebih tenang dan menyegarkan. Berikut ini beberapa tanaman bonsai yang dapat menjadi pilihan Urbaners. Check these out!

BONSAI FICUS RELIGIOSA

Bonsai dari pohon Ficus Religiosa dikenal juga sebagai bonsai keramat karena dipercaya sebagai tempat pencerahan sang Buddha. Daun bonsai memiliki bentuk hati, berwarna perunggu dan terlihat mengkilap saat terkena sinar matahari atau cahaya lampu. Letakkan saja bonsai ini di tempat yang terkena sinar matahari selama 5-6 jam sehari. Selain itu letakkan bonsai di bawah AC karena pohon tidak tahan dengan suhu dingin.

BONSAI PACHIRA AQUATICA

Pachira Aquatica sangat cocok untuk suasana apartemen. Bonsai ini dianggap mampu memberi aliran rejeki dalam kepercayaan Feng Shui. Daun bonsai berbentuk palem, berwarna hijau, permukaan yang halus dan mengkilap. Keindahan bonsai terlihat dari bagian bunga berwarna oranye yang memiliki kelopak panjang dan terbuka seperti kulit buah pisang.

BONSAI KELAPA

Punya ide menanam kelapa di apartemen? Kamu bisa mencoba menanam bonsai kelapa dengan bentuk batang mini dan daun kelapa yang khas. Kelapa bisa tumbuh sampai 15 meter di tanah terbuka, tapi juga bisa dibuat menjadi bonsai kerdil.

Dimulai dengan menanam kelapa tua dengan batoknya di pot bonsai yang sudah diberi tanah berkultur fosfor dan penyubur. Letakkan pot di pinggir jendela apartemen sambil menunggu tunas tumbuh perlahan. Lalu hilangkan sabut kelapa perlahan dan pindahkan tunas ke tanah. Beri air yang cukup untuk mempercepat pertumbuhan tunas. Saat sudah mulai terbentuk batang maka bentuk dengan kawat bonsai untuk mengkerdilkan batang. Beri air setiap dua hari sekali dan pupuk organik setiap 15 hari sekali.

BONSAI SAKURA

Bunga sakura atau Prunus Cerasoides bisa ditanam dari biji, batang yang dicangkok atau stek pada tunas muda. Membentuk bonsai sebaiknya dimulai sejak batang mulai tumbuh subur meskipun masih berukuran kecil. Perawatan bonsai hanya perlu menyiram dua kali sehari pada pagi dan sore. Kemudian jangan lupa memangkas daun bonsai setiap satu minggu sekali agar daun dan bunga yang muncul semakin banyak.

Demikian review, semoga bermanfaat urbaners. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.