Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Kiatnya Menciptakan Rumah Anti Bencana Gempa Urbaners

Kiatnya Menciptakan Rumah Anti Bencana Gempa Urbaners

Urbanloka.com – Antisipasi gempa yang bisa terjadi kapan saja Urbaners, ini dia langkahnya membangun rumah anti gempa yang dapat Anda aplikasikan pada hunian.

BANGUN PONDASI DI TANAH YANG KERAS

Pastikan pondasi harus ada di atas tanah yang keras dan kokoh. Bila tanah di sekitar lokasi bangunan dirasa kurang keras maka tanah membutuhkan pengerjaan untuk memperkuat lapisan tanahnya. Biarkan dahulu tanah selama beberapa hari dan sirami serta padatkan secara manual agar tanah stabil. Jika masih kurang, tambahkaN lapisan pasir batu di dasar pondasi lalu padatkan dengan mesin stamper.

TANAM PONDASI DALAM

Letakkan pondasi batu kali minimal pada kedalaman 45 cm dari permukaan tanah untuk bangunan rumah yang terdiri dari satu lantai. Sedangkan untuk rumah dua lantai, posisikan pondasi sekurang-kurangnya pada kedalaman 60 cm dari permukaan tanah agar lebih kuat.

DIBANGUN SECARA TERUS MENERUSS

Kunci hunian yang tahan gempa adalah pondasi harus dibuat dengan cara menerus tanpa terputus, dengan materi yang sama dan mumpuni.

BALOK PENGIKAT PONDASI

Jika pondasi batu telah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat sloof atau balok pengikat pondasi yang terbuat dari bahan beton. Fungsi utama sloof adalah mengalirkan beban bangunan ke seluruh badan pondasi secara merata.

IKAT PONDASI, SLOOF, DAN KOLOM BANGUNAN SATU SAMA LAIN

Langkah terakhir untuk membuat pondasi anti gempa adalah mengikat keseluruhan bagian pondasi, sloof dan kolom menjadi satu. Pastikan semua bagian tersebut terikat dengan kokoh dan terintegrasi dengan baik terutama pada bagian pembesiannya.

Semua langkah diatas akan membuat getaran gempa terdistribusi dengan baik ke seluruh bagian bangunan dan bagian konstruksi lainnya dan bangunan tidak rentan roboh. Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.