Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia 5 Misi Antariksa yang Akan Terjadi di Tahun Ini

Ini Dia 5 Misi Antariksa yang Akan Terjadi di Tahun Ini

Urbanloka.com – 2020, tahun cantik ini menjadi tahun yang sibuk bagi penerbangan luar angkasa. Berbagai perusahaan dan badan antariksa sama-sama memiliki serangkaian misi menarik di tahun ini. Berikut lima misi luar angkasa yang akan terjadi di tahun 2020, check these out!

PELUNCURAN SOLAR ORBITER

Solar Orbiter (SolO) sebagai satelit hasil kolaborasi NASA dan Badan Antariksa Eropa, yang akan mengamati Matahari dan dijadwalkan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada 5 Februari mendatang. Dijadwalkan menjalankan misi selama 7 tahun. SolO diperkirakan akan terbang dengan jarak 0,28 AU (Astronomical Units), di mana 1 AU setara dengan 150 juta kilometer.

PELUNCURAN EMPAT PENJELAJAH MARS

Menjadi tahun bersejarah untuk penjelajahan Mars. NASA akan meluncurkan penjelajah Mars 2020 pada 17 Juli mendatang, sementara ESA dan badan antariksa Rusia berencana melakukan hal yang sama dengan meluncurkan penjelajah ExoMars Rosalind Franklin pada 25 Juli.

ROBOT PENJELAJAH BARU NASA, MARS 2020

Uni Emirat Arab pun memiliki rencana serupa dengan meluncurkan misi pertamanya, Misi Hope Mars yang akan diluncurkan dari Jepang. Tak hanya itu, China juga merencanakan misi untuk pendaratan dan penjelajah kecil untuk Mars.

MISI CHANG’E 5

China diperkirakan akan mengirim sampel Bulan kembali ke Bumi untuk dianalisis, mengikuti misi Chang’e-4 sebelumnya yang sukses menempatkan pendarat dan penjelajah di sisi jauh Bulan. Situs pendaratannya adalah Mons Rümker, sebuah gunung daerah Bulan basal yang disebut Oceanus Procellarum. Jika Chang’e-5 berhasil, itu akan menjadi misi pertama untuk membawa kembali sampel Bulan sejak misi Apollo terakhir 1972.

PENERBANGAN WISATA LUAR ANGKASA VIRGIN GALATIC

Virgin Galactic diprediksi akan mulai meluncurkan penerbangan wisata pertama ke luar angkasa pada pertengahan 2020 ini.
Perusahaan akan meluncurkan penumpang dari Spaceport America di New Mexico. Perjalanan wisata ini mengharuskan penumpang membayar 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.